Uji Komprehensif Mahasiswa PGSD

Uji Komprehensif Mahasiswa PGSD  atau yang biasa disebut UKOM merupakan evaluasi yang berkaitan dengan pemahaman mahasiswa tentang 5 rumpun mataajar  yang diajarkan di sekolah Dasar. Adapun rumpun tersebut adalah (1) Bahasa Indonesia, (2) PPKN, (3) Matematika, (4) IPA, dan (5) IPS. Selain itu pemahaman tentang pedagogik juga termuat pada UKOM. UKOM diperuntukkan kepada mahasiswa semester akhir yang sebentar lagi akan menyelesaikan tugas akhirnya (Skripsi).

Soal-soal UKOM terdiri dari 50 Soal berbentuk Pilihan Ganda (PG) yang terdiri dari  8 soal untuk masing-masing rumpun mataajar dan 10 soal untuk pemahaman pedagogik. Adapun model test yang digunakan adalah Computer Based Test (CBT) dengan batasan waktu 60 menit. Dasar pembuatan soal UKOM merujuk pada kisi-kisi Soal Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (download disni)

Pendaftaran (klik disini) dan pelaksanaan UKOM sudah bisa dilakukan mulai hari Jumat, 09 Maret 2018. UKOM dilaksanakan di Laboratorium Komputer dengan minimal pendaftar 3 orang dan maksimal 30 orang. Passing grade adalah 50% dari Skor Total. Mahasiswa yang belum dinyatakan lulus, mendapatkan kesempatan untuk Ujian kembali. Adapun mahasiswa yang telah dinyatakan lulus, mereka akan mendapatkan “Surat Keterangan Lulus Ujian Komprehensif” yang menjadi prasyarat untuk Ujian Hasil.

Selamat Berusaha!

Lebih Baik PGSD, PGSD Lebih Baik.