Program Bantuan UKT bagi Mahasiswa UNM Semester Gasal 2020/2021

Dalam merespon pandemi covid-19, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengeluarkan kebijakan terkait ketentuan penyesuaian UKT dan Bantuan UKT/SPP mahasiswa. Kebijakan ini dikeluarkan dalam rangka merespon berbagai masukan dari banyak stakeholder pendidikan yang mengharapkan adanya kebijakan Kemendikbud untuk membantu mahasiswa dan perguruan tinggi di masa pandemi Covid-19 saat ini. Kebijakan ini juga sejalan dengan Permendikbud Nomor 25 Tahun 2020 tentang Standar Satuan Biaya Operasional Pendidikan Tinggi pada PTN di lingkungan Kemendikbud. Dalam upaya untuk menjawab berbagai aspirasi masyarakat, termasuk memperkuat kebijakan penanganan dampak covid-19 bagi pendidikan tinggi, maka pemerintah melalui Program KIP Kuliah telah mengalokasikan Bantuan UKT/SPP mahasiswa yang dapat dimanfaatkan mahasiswa PTN dan PTS.

Adapun informasi yang perlu kami informasikan yaitu:

  1. Untuk Mahasiswa angkatan 2016 dapat mengajukan penurunan UKT jika a) Mahasiswa tersebut telah melulusi semua MK dan hanya menyisakan MK Skripsi (baik yg sudah proposal maupun belum proposal), maka akan diturunkan UKT menjadi 0 berdasarkan hasil Verifikasi oleh Universitas; b) Jika masih memiliki mata kuliah 1-6 sks maka UKT ybs akan diturunkan 50% berdasarkan hasil verifikasi oleh Universitas.

  2. Untuk Angkatan 2013-2015 Jika a) Mahasiswa tersebut telah melulusi semua MK dan hanya menyisakan MK Skripsi (baik yg sudah proposal maupun belum proposal), maka akan diturunkan UKT menjadi 0 berdasarkan hasil Verifikasi oleh Universitas; b) Jika masih memiliki mata kuliah 2 sks- dst…. maka tetap membayar UKT normal.

  3. Mahasiswa dapat mengajukan peninjauan/Penurunan UKT Jika: a) Orang tua yang menanggung meninggal atau cacat permanen; b) Orang tua yg menanggung pensiun; c) Orang tua yg menanggung di PHK (ditandai dengan surat keterangan PHK dari perusahaan)

  4. Mahasiswa angatan 2017, 2018, dan 2019 disediakan bantuan KIP UKT dengan jumlah yang dapat di lihat pada gambar berikut.

CATATAN:

              ===>>>> Untuk surat pengajuan dikumpul paling lambat 12 juli 2020

 

Download panduan selengkapnya silakan klik link berikut:

 

PANDUAN PELAKSANAAN PROGRAM BANTUAN UKT

SURAT PERMOHONAN BANTUAN SUBSIDI UKT

 

Bagi mahasiswa yang ingin mengajukan permohonan bantuan subsidi UKT, silakan isi formulir pada link berikut.

Formulir Permohonan Bantuan Subsidi UKT