TIM PKM LP2M UNM Beri Keterampilan Mengolah Ikan Air Tawar Aneka Rasa

Minggu (20/6/2021) lalu, tim Dosen Pengabdi LP2M UNM melakukan pelatihan kepada masyarakat Desa Rompegading, Kecamatan Liliiriaja, Kabupaten Soppeng. Tim PKM Olahan Air Tawar Aneka Rasa ini dilakukan oleh 2 dosen PGSD yaitu ibu Dra. Nurfaizah AP, M.Hum., dan ibu Hotimah, S.Pd.Si., M.Pd., serta 1 dosen PKK yaitu ibu Haerani, S.Pd., M.Kes.. Kegiatan pelatihan ini dilakukan sebagai salah satu kegiatan pengabdian yang dilakukan di tengah masa pandemi Covid-19 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes).

Ketua tim PKM Olahan Air Tawar Aneka Rasa, ibu Dra. Nurfaizah AP, M.Hum., mengatakan “Kegiatan pelatihan ini memberi keterampilan bagi ibu-ibu Desa Rompegading untuk dapat mengolah ikan air tawar menjadi berbagai olahan seperti nuget dan otak-otak. Sehingga harapannya, anak-anak tetap mendapatkan nutrisi yang mencukupi dengan disediakannya makanan olahan ikan. Dengan berbekal keterampilan ini, ibu-ibu dapat mengolah camilan sehat yang disukai oleh anak-anak jaman sekarang. Adanya olahan ikan air tawar menjadi nuget dan otak-otak ini menjadi alternatif bagi ibu yang ingin menyajikan makanan sehat bagi anak-anaknya.”

Pelatihan yang dilaksanakan di balai desa Rompegading ini terlihat diikuti oleh ibu-ibu dengan sangat antusias. Berbekal dengan bahan-bahan dasar yang mudah didapat, peserta pelatihan terlihat bersemangat mencoba membuat makanan olahan seperti nuget dan otak-otak dari ikan air tawar.