PGSD UNM Bone Latih Guru SD Inpres 12/79 Biru II Merancang Strategi Pembelajaran Daring

Sabtu, 22 Mei 2021, Tim Pengabdi Program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) PGSD UNM Bone yaitu Bapak Muhammad Idris Jafar, Bapak H.Adnan,K dan Muhammad Amin, melakukan Pelatihan Strategi Pembelajaran Daring di SD Inpres 12/79 Biru II Kabupaten Bone secara vitual (online) via Zoom dan WhatsApp dengan jumlah peserta sebanyak 10 (sepuluh) orang guru. Kegiatan ini diikuti oleh guru dengan semangat dan antusias.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh muncul era disrupsi teknologi dan wabah pandemic covid-19 yang mempengaruhi dunia pendidikan. Hal ini bisa kita lihat dari kebijakan pemerintah yang mengharuskan dilakukannya pembelajaran daring (online) dari rumah. Hasil survei yang dilakukan Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) tahun 2020, mengungkapkan bahwa pembelajaran jarak jauh belajar dari rumah membuat anak-anak menjadi stress dan kebingungan mengerjakan tugas, karena kurang optimalnya interaksi antara guru dan siswa. Idealnya, kegiatan belajar itu harus ada interaksi antar guru dan siswa, serta proses pembelajarannya melibatkan aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan agar menjadi lebih bermakna dan berkesan bagi siswa. Tentu ini menjadi tantangan baru bagi guru perihal bagaimana strategi pembelajaran daring yang harus dilakukan agar tetap memberikan pengalaman belajar yang bermakna (meaningfull learning), meskipun tanpa kontak fisik secara langsung dengan siswa.

Tujuan dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah melatih guru SD Inpres 12/79 Biru II Watampone agar meningkat kompetensi profesional dan pedagogiknya, dalam hal mampu mengembangkan strategi pembelajaran daring di sekolah dasar, sehingga belajar dari rumah menjadi lebih berkesan dan menyenangkan bagi siswa.