HIMAPRODI PGSD PAREPARE ADAKAN BAKTI SOSIAL DI DUSUN LEMO DESA HARAPAN

Rabu-Sabtu, 11 hingga 14 Agustus 2021, Himpunan Mahasiswa Program Studi (HIMAPRODI) PGSD Parepare FIP UNM telah mengadakan Bakti Sosial (BAKSOS). BAKSOS merupakan kegiatan yang dapat mewadahi mahasiswa untuk berinteraksi dan utamanya membantu masyarakat. Kegiatan yang biasanya dilakukan satu kali setiap periode kepengurusan.

Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Tebar Kepedulian Ciptakan Kebersamaan”. Salah satu pengurus Misbahuddin Darwis mengungkapkan “Dengan diadakannya bakti sosial diawal kepengurusan akan dapat meningkatkan kekompakan dan keakraban sesama pengurus juga menjadi contoh terhadap para mahasiswa agar memiliki jiwa sosial”.

BAKSOS diselenggarakan di Desa Harapan, Kecamatan Tanete Riaja, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan. Lokasi yang tergolong daerah tertinggal sehingga jalur transportasi kesana kurang baik serta sinyal yang sangat lemah sedikit menjadi kendala. Namun tentunya tak menyurutkan semangat para pengurus Himaprodi untuk melaksanakan kegiatan ini yang memang sudah direncanakan dari jauh-jauh hari.

BAKSOS berlangsung selama 4 hari dengan beberapa agenda acara. Pembersihan lingkungan dan masjid, Mengajar di sekolah, serta pemasangan tempat sampah dan papan pembatas Desa. Meski masih dalam situasi pandemic, namun masyarakat tetap menyambut hangat para mahasiswa yang datang. Begitupun dengan siswa-siswi SDN 13 Lajoangin yang antusias mengikuti kegiatan belajar-mengajar meski jarak yang harus mereka tempuh kesekolah terbilang cukup jauh.

Ketua umum Himaprodi PGSD Parepare FIP UNM Muhammad Zulqadri mengatakan “Bakti Sosial kali ini bertujuan untuk memupuk rasa peduli dan tanggung jawab sosial mahasiswa terhadap masyarakat. Memberikan manfaat secara langsung dapat meransang empati seseorang, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memunculkan individu-individu dengan rasa kemanusiaan yang tinggi”.

Penulis : Hendra-C18D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *