Petinggi Prodi Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda Mengunjungi Laboratorium PGSD FIP UNM

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda telah selesai melakukan kunjungan pada Selasa, 17 Mei 2022 ke Laboratorium PGSD FIP UNM. Kedatangan tersebut diantaranya oleh Bapak Dr. Abdul Rohman, M.Pd. selaku Dekan FKIP, Bapak Afdal, S.Pd., M.Pd. selaku Kaprodi PGSD, Bapak Samsul Adianto, S.Pd., M.Pd. selaku dosen tetap PGSD beserta beberapa Dosen yang turut hadir. Dalam kunjungan tersebut mereka mendiskusikan beberapa hal mengenai perubahan dan perkembangan yang terjadi dalam pengelolaan Program Studi PGSD FIP UNM utamanya dalam penggunaan serta pengelolaan Laboratorium sebagai penunjang atau sarana perkuliahan yang memberikan peningkatan dalam aspek materi dan praktik bagi mahasiswa.

Terdapat 7 Laboratorium yang menjadi agenda utama untuk dikunjungi diantaranya yaitu, Laboratorium IPA, Laboratorium Matematika, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Seni, Laboratorium Komputer, Laboratorium Microteaching, Laboratorium IPS dan PPKn serta Kelas Percontohan. Dengan didampingi Bapak Kaprodi dan beberapa dosen PGSD FIP UNM, kunjungan dilakukan dengan mendatangi setiap Laboratorium untuk bersama-sama melihat kondisi terkini setiap Laboratorium yang ada dan dipergunakan oleh Dosen beserta Mahasiswa PGSD FIP UNM.

Pada kunjungan yang dilakukan mereka berkesempatan untuk melihat secara keseluruhan perlengkapan dan peralatan yang terdapat di setiap Laboratorium berupa alat-alat seperti KIT IPA, Matematika, alat laboratorium bahasa, media pembelajaran, produk berupa buku, modul, serta alat peraga pendidikan yang dihasilkan oleh mahasiswa PGSD UNM, melihat ruangan Laboratorium serta keberadaan alat-alat musik traditional dari beberapa daerah seperti angklung, gendang, suling dan alat-alat musik yang terbuat dari bambu.

Selain itu rasa antusiasme juga ditunjukkan saat melakukan sesi tanya jawab mengenai program atau kegiatan yang berlangsung di setiap Laboratorium dan bagaimana pengelolaan yang dilakukan oleh setiap Kepala Laboratorium. Kunjungan yang dilakukan juga berkesempatan mengenalkan bahwa selain Dosen terdapat pula Asisten Laboratorium yang membantu terlaksananya penggunaan Laboratorium dengan maksimal berdasarkan arahan Dosen FIP UNM merupakan mahasiswa PGSD yang terpilih setelah melakukan seleksi dan wawancara sebelumnya.

Perasaan senang dan kesan mendalam juga disampaikan oleh bapak Kaprodi PGSD Universitas Widya Gama karena selama kunjungan disambut dengan sangat baik. Beliau merasa terpukau karena Laboratorium yang lengkap dengan segala kebutuhan yang teratasi untuk proses perkuliahan. “Bapak salut dan merasa luar biasa mahasiswa yang menjadi asisten laboratorium PGSD sangat sopan, kreatif dan memiliki pengetahuan untuk menjelaskan di bidang masing-masing“. Terdapat banyak kesan dan pesan dari beliau yang mengharapkan agar kunjungan tersebut menjadi masukan, sehingga kedepannya dapat mewujudkan Laboratorium yang tercermin seperti kondisi laboratorium PGSD FIP UNM. Tidak lupa pula beliau menyampaikan doa dan harapan kepada mahasiswa selaku asisten laboratorium agar kedepannya proses perekrutan semakin baik dan mempertahankan budaya sopan santun untuk adik-adik mahasiswa lain karena tidak semua kampus memiliki hal tersebut.

Kunjungan diakhiri dengan pembahasan secara menyeluruh mengenai keadaan, program, pengelolaan setiap Laboratorium.  Tentunya dengan penyampaian informasi terkini yang dibagikan kepada Prodi PGSD Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda yang disampaikan langsung oleh Bapak Kaprodi beserta Dosen juga Asisten Laboratorium. Beberapa dokumentasi foto dan video juga dilakukan untuk memberikan referensi, mengabadikan momen yang disambut baik oleh Prodi PGSD FIP UNM yang ditutup dengan foto bersama.

Author: Pratiwi Wulandari (Komlab)