Pelatihan Penyegaran Model Project Based Learning, Literasi, HOTS bagi Guru SD Mitra PGSD Bone

Tim PKM PGSD Bone telah melaksanakan pelatihan penyegaran model project based learning, literasi, higher order thinking skills (HOTS) bagi Guru mitra PGSD BONE di SDN 11 Watampone pada tanggal 7 Agustus 2022. Tim PKM PGSD Bone ini terdiri dari Abd. Hafid selaku ketua UPP PGSD Bone dan sekaligus ketua pelaksana PKM dan beranggotakan Firdaus dan Muhammad Amin. Tujuan pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan teknis guru dalam menerapkan model project-based learning dalam pembelajaran tematik yang diintegrasikan dengan literasi dasar dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills), kata Abd.Hafid.

Kegiatan ini dihadiri oleh kepala UPT SD 20 mitra sasaran,  13 guru dari SDN 11 Watampone dan SDN 1 Watampone.  Kegiatan dibagi tiga sesi, sesi pertama penyajian materi, sesi kedua latihan merancang pembelajaran, & sesi ketiga praktik pembelajaran model PJBL.

Dalam pemaparannya, Firdaus Ph.d menyampaikan bahwa, kemampuan berpikir HOTS tidak berkembang secara otomatis dalam proses pembelajaran di kelas, tapi perlu iklim kondusif yg dirancang oleh guru, di antaranya adalah skenario pembelajaran harus mencerminkan 4C, proses pembelajaran dan pertanyaan harus melibatkan kemampuan analisis, evaluasi dan mencipta.

Diakhir kegiatan PKM, Kepala UPT SD 20 mengapresiasi kegiatan PKM project based learning, literasi dan HOTS yang dilaksankan. Menurutnya, Program ini sangat bagus, kami sangat bersyukur atas pelatihan project based learning, literasi dan hots dan kami berharap kegiatan-kegiatan positif seperti ini akan terus berkelanjutan.