My Basic Color

Haloo, teman-teman PGSD 2022. Selamat bergabung di Kampus Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Bagi mahasiswa baru, memasuki dunia kampusĀ akan memberikan kesan tersendiri. Selain memiliki kultur dan sistem pendidikan yang berbeda dengan lingkungan SMA, dunia kampus juga berarti kesempatan untuk menemukan teman baru, tempat baru dan pengalaman baru. Banyak mahasiswa baru yang sudah mantap untuk menghadapi perubahan ini, namun tak sedikit yang masih berdebar-debar untuk menghadapinya.

Teman-teman mungkin pernah mendengar jika dunia kampus itu berbeda 180 derajat dari dunia SMA. Sehat, pernyataan ini bisa dikatakan 50% benar dan 50% salah. Kenapa benar? Di dunia kampus, teman-teman dianggap sebagai individu yang dewasa, mandiri, dan bertanggung jawab. Berbeda hal nya saat di SMA dimana berbagai permasalahan yang kita hadapi sebagai siswa masih menjadi tanggung jawab wali kelas. Di bangku kuliah, teman-teman harus mampu mandiri dalam menangani berbagai masalah dunia perkuliahan. Nah, terus 50% yang salahnya apa dong? Di bangku kuliah, meskipun kita bertanggung jawab penuh terhadap kewajiban kita sebagai mahasiswa, kita tetap dapat mengikuti berbagai organisasi yang dapat membantu meningkatkan keterampilan atau menjadi wadah untuk mewadahi minat kita kok. Nah, sebagai pedoman awal untuk teman-teman mahasiswa baru PGSD 2022, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar bekerja sama dengan sejumlah organisasi dan komunitas di PGSD UNM telah menyiapkan suatu kegiatan yang dimulai dengan My Basic Colour.

My Basic Colour adalah salah satu rangkaian PMB yang dilaksanakan selama 2 hari setelah Penyambutan Mahasiswa Baru PGSD FIP UNM. My Basic Colour menjadi wadah bagi mahasiwa baru untuk menemukan potensinya, serta memberikan kesempatan untuk mengikuti beberapa kelas sesuai dengan soft skill yang ingin dikembangkan. Seperti yang kita ketahui, soft skill sangat dibutuhkan untuk menunjang di bangku perkuliahan. Selain mendapatkan beberapa kelas soft skill, dalam kegiatan ini mahasiswa baru juga mendapatkan kesempatan sharing session dengan pemateri sehingga dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa baru.

My Basic Colour terinspirasi dari salah satu tokoh pendidikan dan psikologi terkenal Howard Earl Gardner yang mencetuskan teori kecerdasan majemuk atau multiple intelegences. Berdasarkan teori ini, kami mengadakan kegiatan My Basic Colour untuk membantu mahasiswa baru menemukan potensi dan mengembangkan keterampilan yang belum pernah dikembangkan sebelumnya serta Menguasai keterampilan abad ke-21 dalam pembelajaran Merdeka Belajar- Kampus Merdeka. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 22-23 Agustus 2022. Nah, terus apa aja materi yang teman-teman akan terima, meliputi How I Take My Note, Ada Apa di Laboratorium, Deontology, Retorika, Know Your Self, Decide Your Life, dan Kuliah dengan Gaya.Tujuh materi ini merupakan materi yang sangat penting untuk dipahami teman- teman mahasiswa baru sebelum melangkah lebih jauh dalam dunia perkuliahan.

Kegiatan ini menghadirkan alumni-alumni terbaik dari prodi PGSD, yang telah membawakan materi dari setiap kelas My Basic Colour. Selain mendapatkan beberapa kelas soft skill, mahasiswa baru juga mendapatkan kesempatan berbagi sesi dengan pemateri sehingga dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa baru. Teman-teman lebih memahami rincian kegiatan. Untuk teman-teman mahasiswa baru PGSD 2022, ingat perjalanan kalian masih panjang. Ini merupakan anak tangga pertama yang akan kalian tapaki.