Dosen PGSD Universitas Negeri Makassar Latih Guru SD Mengembangkan Bahan Ajar

 

Pusat Pengabdian kepada masyarakat dan Teknologi Tepat Guna LP2M Universitas Negeri Makassar kembali menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Ajar Bagi Guru SD di Kabupaten Bulukumba. Kegiatan tersebut digelar di SDN 30 Gantarang, Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba pada Tanggal 17-21 September 2022.

Ketua LP2M UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, MT, IAI. dalam sambutannya mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program unggulan dari LP2M UNM. Dengan harapan untuk membantu guru sekolah dasar dalam rangka peningkatan kualitas dalam Menyusun bahan ajar yang memudahkan siswa dalam pembelajaran.

Pada kegiatan ini menghadirkan 3 pemateri yang merupakan dosen Prodi PGSD FIP UNM. Ketiganya adalah , Muhammad Amran, S.Pd., M.Pd, Drs. Muslimin, M.Ed dan Drs. H. Adnan, K. M.Si. Pada kesempatan ini, para guru diberikan pengetahuan dan keterampilan tentang pengembangan bahan ajar IPA SD berbasis interaktif dan TPACK. peserta pelatihan sangat antusias dalam mengikuti pelatihan karena menurur salah satu peserta pelatihan dengan menggunakan aplikasi google classrom dalam pembelajaran akan memudahkan guru dalam mengajar khususnya dalam pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19.

Sementara itu, Ketua Tim Pengabdi PKM, Muhammad Amran, S.Pd.,M.Pd., mengungkapkan, pelatihan ini bertujuan, pengetahuan dan keterampilan tentang pengembangan bahan ajar IPA SD berbasis interaktif dan TPACK. Sehingga guru akan mampu menyesuaikan dirinya dengan perkembangan pembelajaran di era abad 21. Kegiatan ini dihadiri pula oleh Ketua KKG Kecamatan Gantarang, Kepala Sekolah dan Guru yang menjadi sasaran program Kegiatan. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini ka rena menurut mereka ini merupakan salah bentuk baru untuk pengembangan bahan ajar IPA di sekolah dasar.