Dosen UNM Latih Guru SD Buat Perangkat Pembelajaran di Kab. Soppeng

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat Universitas Negeri Makassar melaksanakan pengabdian  kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kabupaten Soppeng sejak tangga 5 Oktober yang dilanjutkan dengan pendampingan  sampai pada tanggal 7 Nopember 2022. Kegiatan tersebut dikemas dalam bentuk pelatihan secara daring dan luring dihadiri oleh kepala sekolah dan sejumlah guru sekolah dasar serta simpatisan mahasiswa UNM.

Dalam pembukaan kegiatan, Rektor Universitas Negeri Makassar dalam hal ini diwakili oleh Ketua Lembega Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNM, Prof. Dr. Ir. H. Bakhrani Rauf, M.T. menyatakan bahwa kegiatan ini sudah dilakukan secara rutin oleh UNM dan salah satu program yang dilakukan adalah dalam bentuk pelatihan kepada guru-guru. Materi pelatihan disesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun  materi pelatihan tersebut adalah berupa pemberian bekal dan keterampilan   bagi guru dalam membuat perangkat pembelajaran berbasis HOTS.  dan kemudian dilakukan pendampingan agar para guru sekolah dasar mampu mengimplementasikan perangkat secara efektif dalam pembelajaran di sekolah dasar. Adapun pelatih/narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Dr. Awaluddin Muin, S. Pd. M. Sn selaku ketua tim pelaksana, Drs. Muhammad Idris jafar, M. Pd  dan Nur Abidah Idrus, S. Pd. M. Pd. sebagai anggota tim.

Pelatihan tersebut sangat penting dan dibutuhkan oleh guru. Para guru SD di Kabupaten Soppeng diberikan materi tentang perangkat pembelajaran  berbasis HOTS  dan selanjutnya mereka dibimbing untuk membuat perangkat dan bagaimana menerapkan secara efektif di dalam kelas. Produk dari pelatihan tersebut dalam bentuk perangkat yang siap untuk digunakan dapat dikembangkan oleh para guru sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

Penulis: Dr. Awaluddin Muin, S. Pd. M. Sn

Dosen PGSD FIP UNM kampus 6 Bone