Komunitas Laboratorium PGSD FIP UNM Kukuhkan Anggota Baru Angkatan ke-XIII

Komunitas Laboratorium kembali menyelenggarakan kegiatan pengukuhan anggota baru angkatan XIII setelah melewati berbagai proses, seperti wawancara, kelas pembinaan, dan show up. Pengukuhan anggota baru dalam sebuah komunitas merupakan momen penting yang melambangkan pengakuan atas dedikasi, komitmen, dan kesiapan seseorang untuk menjadi bagian dari suatu kelompok dengan tujuan dan visi bersama. Begitu pula dengan Komunitas Laboratorium PGSD FIP UNM, sebuah entitas yang bukan hanya sekadar perkumpulan, melainkan komunitas nyata sebagai wadah bagi mahasiswa yang ingin mengembangkan kemampuannya dalam berbagai bidang, seperti misalnya Public Speaking, Desain, Editing Video, dan keterampilan lainnya yang akan mereka terima selama tergabung dalam komunitas ini.

Pada tanggal 3 dan 4 Februari 2024, Hutan Pendidikan UNHAS menjadi saksi dari momen bersejarah Penerimaan Anggota Baru (PAB) angkatan ke-XIII Komunitas Laboratorium PGSD FIP UNM. Sebanyak 48 peserta yang akan dikukuhkan membuat suasana di hutan pendidikan UNHAS itu penuh dengan antusiasme dan semangat untuk memulai perjalanan baru dalam pengembangan diri para peserta. Acara pengukuhan ini tidak hanya menjadi simbol formalitas semata, melainkan juga sebagai langkah awal yang membangun pondasi bagi kolaborasi, pertukaran ide, dan pembelajaran berkelanjutan di antara anggota komunitas.

Penerimaan materi menjadi salah satu kegiatan utama dalam acara ini. Para peserta diajak untuk memperdalam pemahaman mereka tentang cara berkomunitas yang baik dan sehat, yang dibawakan oleh narasumber yang ahli di bidangnya. Materi-materi yang disampaikan tidak hanya mencakup seputar komunitas laboratorium, tetapi juga bagaimana cara mengupgrade diri dan menghindari insecure dalam berkomunitas.

Selain itu, games atau permainan juga menjadi bagian tak terpisahkan dari acara ini. Melalui games yang dirancang khusus, para peserta diajak untuk berkolaborasi, berkompetisi secara sehat, dan meningkatkan keterampilan kerja sama tim mereka. Games-games tersebut tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pembelajaran yang berharga dalam hal leadership, problem-solving, dan adaptasi terhadap perubahan.

Inti kegiatan ini adalah mengukuhkan anggota baru Angkatan ke-XIII. Para peserta mengikuti prosesi pengukuhan yang ditandai dengan pemberian identitas anggota Komunitas Laboratorium, dan sambutan hangat dari pembina komunitas. Prosesi pengukuhan ini menjadi tanda bagi para calon anggota baru secara resmi telah menjadi bagian integral dari Komunitas Laboratorium PGSD FIP UNM.

Melalui prosesi pengukuhan ini, para peserta diharapkan tidak hanya mendapatkan status sebagai anggota komunitas, tetapi juga menyadari tanggung jawab dan peran penting yang akan mereka emban sebagai bagian dari komunitas Laboratorium. Pengukuhan anggota baru Komunitas Laboratorium PGSD FIP UNM menjadi titik awal dari perjalanan yang menarik dan bermakna dalam menggapai keinginan mengembangkan keterampilan yang berkualitas dan berdedikasi bagi banyak orang. (St Nurbaya)