Magang - Program Studi PGSD UNM

Latar Belakang 

Pendidikan profesi harus mengacu pada ketersediaan lapangan kerja (keseimbangan antara supply dan demand). Oleh karenanya kebutuhan guru dalam jumlah yang cukup dan mutu yang memenuhi standar perlu dihitung secara cermat. Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) merupakan pendidikan guru yang diselenggarakan dalam kurung waktu 8 semester yang secara substansi berjalan bersamaan, baik program akademik bidang studi maupun akademik kependidikan.

Penguasaan teori, metode, strategi pembelajaran yang mendidik dalam perkuliahan di kelas harus dikaitkan dan dipadukan dengan bagaimana peserta didik belajar di sekolah dengan segenap latar belakang sosial-kulturalnya. Oleh karena itu, calon guru harus diberikan pengalaman sedini mungkin (early exposure)dengan berbagai program termasuk Magang atau internship di sekolah mitra secara berjenjang dan berkesinambungan.

Model kurikulum dilaksanakan 8 semester dengan beban belajar pendidikan akademik sekurang-kurangnya 144 sks, meliputi beban belajar untuk kompetensi akademik kependidikan, kompetensi akademik bidang studi utama, pengembangan kompetensi kepribadian dan sosial.PGSD akan menghasilkan calon guru dengan kewenangan utama sebagai guru kelas yang menguasai 5 mata pelajaran pokok di SD (Bahasa lndonesia, PKn, Matematika, lPA dan IPS) serta mata pelajaran tambahan lainnya.

Guna menyiapkan guru profesional dalam pendidikan akademik (S-l), salah satu program yang dilakukan dalam upaya penyiapan guru adalah mata kuliah magang. Mata kuliah magang dimulai dari semester 3 sampai semester 7 dengan bobot masing-masing magang I sks dan dilakanakan pada setiap akhir semester selanjutnya kegiatan terakhir yang wajib diikuti oleh mahasiswa PGSD adalah ujian komprehensif sebelum mahasiswa mengikuti seminar proposal penelitian.

Persyaratan

Mahasiswa

  1. Magang l, mahasiswa sudah menempuh matakuliah di semester 1, 2 dan 3.
  2. Magang 2, mahasiswa sudah lulus magang 1 dan sudah menempuh mata kuliah di semester 1, 2, 3 dan 4
  3. Magang 3, mahasiswa sudah lulus magang 2 dan sudah menempuh mata kuliah di semester 1, 2, 3, 4 dan 5.
  4. Magang 4, mahasiswa sudah lulus magang 3 dan sudah menempuh mata kuliah di semester 1, 2, 3, 4, 5 dan 6.
  5. Mencantumkan mata kuliah Magang pada KRS masing-masing semester yang telah ditentukan.
  6. Mengikuti pembekalan pada setiap mata kuliah Magang.

Dosen Pembimbing Magang (DPM)

  1. Dosen tetap PGSD FIP UNM
  2. Berpengalaman mengaiar minimal 5 tahun
  3. Berkualifikasi pendidikan minimal S-2
  4. Berpengalaman membimbing Magang/PPL reguler
  5. Mengikuti sosialisasi mata kuliah Magang

Guru Pembimbing Magang (GPM)

  1. Berpengalaman menjadi guru SD minimal 2 tahun
  2. Diutamakan berkualifikasi pendidikan S1 PGSD atau kependidikan
  3. Mengikuti sosialisasi mata kuliah magang

Sekolah Dasar Mitra

  1. Telah melaksanakan sistem pembelajaran guru kelas untuk kelas tinggi dan tematikuntuk kelas rendah.
  2. Terakreditasi minimal B dari badan standar sekolah yang resmi
  3. Memiliki iumlah kelas minimal satu untuk setiap tingkatan kelas
  4. Bersedia meniadi mitra secara berkesinambungan
  5. Pola kemitraan bersifat kolaboratif
  6. Memiliki komitmen tinggi untuk mencerdaskan kehidupan bangsa
  7. Pemilihan sekolah untuk magang 1 ditentukan oleh masing-masing peserta magang dan disepakati oleh dosen pembimbing magang dan disahkan oleh pimpinan UPP
  8. Pemilihan sekolah untuk magang 2 dan 3 disesuaikan dengan sekolah yang ditempati ketika magang 1 dan disepakati bersama oleh Dosen Pembimbing Magang dan dapat diubah berdasarkan pertimbangan oleh Dosen Pembimbing magang dan disahkan oleh pimpinan UPP

Tujuan Magang

  • Magang 1 bertujuan mengenal kultur Sekolah Dasar melalui proses perkuliahan dan pengamatan untuk mencari tahu struktur organisasi sekolah, merasakan iklim persekolahan, mengenal tugas pokok dan fungsi guru secara langsung, dan mengenal sistem administrasi di SD serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.
  • Magang 2 bertujuan untuk memperoleh pengalaman dalam mengenal karakteristik siswa SD secara langsung, mendiagnosa kesulitan belajar siswa SD, melakukan studi kasus terbatas dalam mengamati, mempelajari serta menyusun solusi yang tepat.
  • Magang 3 bertujuan memantapkan kompetensi akademik kependidikan dan kaitannyadengan kompetensi akademik bidang studi melalui telaah kurikulum dan perangkatpembelajaran, strategi pembelajaran, dan sistem evaluasi, pengembangan perangkatpembelajaran melalui partisipasi dalam mengembangkan RPP, media pembelajaran, bahanajar, dan perangkat evaluasi.
  • Magang 4 bertujuan agar peserta memiliki kompetensi melaksanakan pembelajaranmelalui aktivitas melaksanakan proses pembelajaran secara langsung dan memantapkan jati diripendidik, dengan menjadi asisten guru.