IDENTITAS DIRI
1 | Nama Lengkap | Drs. Muh. Faisal, M.Pd |
2 | Jabatan Fungsional | Lektor Kepala |
3 | Jabatan Struktural | — |
4 | NIP | 196212051988031002 |
5 | NIDN | 0005126210 |
6 | Tempat dan Tanggal Lahir | Bone, 5 Desember 1962 |
7 | Alamat Rumah | BTN Paopao Permai Blok E7 No. 3 Gowa |
8 | Nomor Telepon/Faks/HP | HP. 081355867899 |
9 | Alamat Kantor | Kampus FIP UNM, Jl.Tamalate 1, Makassar |
10 | Nomor Telepon/Faks | 0411884457/Fax.0411884457 |
11 | Alamat e-mail | muhfaisal77@gmail.com |
12 | Lulusan yang dihasilkan 2 tahun terakhir | S1 = 14 orang; S2 = 0 orang; S3 = 0 orang |
13 | Mata Kuliah yang Diampu | 1. Keterampilan Berbahasa Indonesia
2. Pendidikan Bhs Indonesia Kelas Awal 3. Pendidikan Bhs Indonesia Kelas Lanjut |
Riwayat Pendidikan Tinggi
S-1 | S-2 | S-3 | |
Perguruan Tinggi | IKIP Ujung Pandang | IKIP Malang | |
Bidang Ilmu | Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia | Pendidikan Bahasa Indonesia SD | |
Tahun Masuk-Lulus | 1983-1987 | 1994-1997 | |
Judul Skripsi/ Thesis/ Disertasi | – | Implementasi Kurikulum 1994 dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi | |
Nama Pembimbing/ Promotor | – | Dr. Ah. Rofiuddin
Prof. Dr. M. Dimyati |
Pengalaman Penelitian dalam 5 tahun terakhir
No. |
Tahun |
Judul Penelitian |
Jenis Penelitian | Sumber Dana |
1 | 2017 | Analisis Instrumen Asesmen Hasil Belajar Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar | PNBP UNM | UNM |
2 | 2016 | Pengaruh Metode SAS (Struktur Analisis Sintesis) terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SDN Mappala Kecamatan Rappocini Kota Makassar | PNBP UNM | UNM |
3 | 2011 | Penerpan Pembelajaran PAKEM pada Peningkatan Keterampilan Membaca Mahasiswa Kelas A.53 UPP PGSD Induk Makassar | DIPA UNM | UNM |
4 | 2011 | Penerapan Strategi Aktivitas Terbimbing untuk Meningkatkan Kompetensi Siswa Memahami Cerita Fiksi di Kelas V SD Negeri Mappala Makassar | DIPA UNM | |
5 |
2010 |
Peningkatan Kompetensi Menulis Reproduksi dengan Pendekatan Proses Menulis pada Siswa Kelas V SD Inpres Minasa Upa Makassar |
PNBP UNM |
UNM |
Pengalaman Pengabdian kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir
No. | Tahun | Judul Pengabdian Kepada Masyarakat | Pelaksana | Tempat |
1. | 2007 – Sekarang | Instruktur/ Asessor Sertifikasi Guru Rayon 1.24 UNM | PSG Rayon 1.24 | Makassar
|
2016 | Narasumber Nasional Guru Pembelajar Jenjang Guru SD Kelas Tinggi | Dirjen Guru dan Tenaga Kependidik-an | Makassar | |
2. | 2016 | Pengajar Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah (PKB KS/M) – In Service Learning 2 | PPPPTK Matematika | Tana Toraja |
2016 | Pengajar Diklat Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Kepala Sekolah/Madrasah (PKB KS/M) – In Service Learning 1 | PPPPTK Matematika | Makassar | |
2016 | Trainer/fasilitator pada pelaksanaan PPKSPS/M pada program ProDEP | PPPPTK Matematika | Makassar | |
3. | 2015 | Pengembangan Media Presentasi Prezi Bagi Guru SD di Kabupaten Sinjai. | LPM UNM | Kab. Sinjai |
5. | 2013-2014 | Instruktur Diklat Kurikulum 2013 | Depag Prov. Sulawesi Selatan | Makassar |
9. | 2010 | Pelatihan Penerapan Pembelajaran Aktif pada Guru SD Inpres Tidung II Kota Makassar. | LPM UNM |
Makassar |
Pengalaman Penulisasn Artikel Ilmiah dalam Jurnal dalam 5 tahun terakhir.
No. | Judul Artikel | Volume/Nomor
Tahun |
Nama Jurnal |
1 | |||
2 | |||
3 |
Pengalaman Penulisan Buku dalam 5 Tahun Terakhir
No. | Judul buku | Tahun | Jmlah
Halaman |
Penerbit. |
1. | Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Kelas Tinggi | 2017 | 174 | Syahadah |
2. | ||||
3. |