CURRICULUM VITAE
Identitas diri
1 | Nama Lengkap | Prof. Dr. Patta Bundu, M.Ed. |
2 | Jenis Kelamin | Laki-laki |
3 | Jabatan Fungsional | Guru Besar |
4 | NIP | 195203021975031002 |
5 | NIDN | 0002035205 |
6 | Tempat dan Tanggal Lahir | Selayar, 02 Maret 1952 |
7 | Alamat e-mail | patta_unm@yahoo.co.id |
8 | Nomor Telepon/Faks/HP | 0411866366/ HP.081342535624 |
9 | Nomor Telepon/Faks | 0411884457, Fax.0411884457 |
10 | Alamat Kantor | Kampus FIP UNM, Jl.Tamalate 1, Makassar |
Riwayat Pendidikan
Jenjang | S-1 | S-2 | S-3 |
Perguruan Tinggi | IKIP Ujung Pandang | University of Houston, USA. | Universitas Neg. Jakarta |
Bidang Ilmu | Pendidikan Biologi | Teaching | Penelitian dan Evaluasi Pendidikan |
Tahun Masuk-Lulus | 1980 – 1984 | 1988 – 1990 | 1998 – 2002 |
Judul Skripsi/ Thesis/ Disertasi | Tinjauan tentang Kelahiran Kembar pada Manusia | The Effects of Using Inquiry Training on Science Students Achievement. | Pengaruh Evaluasi Formatif dan Gaya kognitif terhadap Hasil Belajar IPA |
Nama Pembimbing/ Promotor | Drs.M.Said Arman
Drs.J.S.Pirade |
Prof.Dr. Howard L. Jones Ph.D.
Prof. Dr.J.Warner |
Prof.Dr.Anah Suhaenah, M.Pd.
Prof.Dr. Ida Sinambela, M.Ed. |
Pengalaman Penelitian dalam 5 tahun terakhir
No. | Tahun | Judul Penelitian | Pendanaan | |
Sumber | Jml (juta) | |||
1. | 2017 | Analisis Asesmen Hasil Belajar Mahasiswa PGSD FIP UNM | PNBP | 20 |
2. | 2015 | Pengembangan Model Pembelajaran POE berbasis Keterampilan Proses. | Hibah Bersaing |
65
|
3. | 2014 | Pengembangan Asesmen Keterampilan Proses dan Nilai Karakter dalam Pembelajaran di SD | Hubah Pasca-sarjana | 90 |
4. | 2013 | Asesmen Portofolio dan Pengaruhnya terhadap Pengetahuan dan Sikap Mahasiswa PGSD terhadap Portofolio. | Fundamental | 48 |
5. | 2011 | Pemetaan Kinerja Penelitian Dosen pada Lembaga Penelitian UNM | PNBP UNM | 3,5 |
6. | 2011 | Akselerasi Pelembagaan MBS pada LPTK | Strategi Nasional | 90 |
Pengalaman Pengabdian kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir
No. |
Tahun |
Judul Pengabdian Kepada Masyarakat |
Pendanaan | |
Sumber | Jml (juta)
|
|||
1. | 2007 – Sekarang | Instruktur/ Asessor Sertifikasi Guru Rayon 1.24 UNM (4 angkatan) | PSG Rayon 1.24 | >100 |
2. | 2013 – 2017 | Fasilitator Nasional Pembelajaran SD – UAID Prioritas | Usaid Prioritas | >50 |
3. | 2016 | Tim Penyusuan Standar Kompetensi Guru Sekolah Dasar | Dir.Guru Kemdiknas | 5,0 |
4. | 2016 | Tim Penyusun Bahan Ajar IPA untuk PLPG – SD Tahun 2016 | Dir.Guru Kemdiknas | 5,0 |
5. | 2015 | Membimbing Mahasiswa S2 PEP PPs UNM dalam Study Visit di Jawaharal Nehru University, India | PPs, UNM dan JNU, India | 10 |
6. | 2014 | Membimbing Mahasiswa S2 PEP PPs UNM dalam Study Visit di Univeritas Kebangsaan Malaysia | PPs, UNM dan UKM Malaysia | 10 |
7. | 2014 | Reviuwer Instrumen Pemantauan Kinereja Guru BSNP dan Studi Visit ke Serawak Malaysia | BSNP dan Badan PPSDM | 3,5 |
8. | 2013 | Provided Advice and Instruction in PhD thesis structure: Thesis Writing and Research Skills, at University of Canberra, Australia | PPs, UNM and UC Australia | 10 |
9. | 2013 | Reviuwer Panduan Pembelajaran Tematik Terpadu SD-MI | BSNP | 3,5 |
10. | 2012 | Reviuwer Standar Pengelolaan Pendidikan Nasional | BSNP | 5,0 |
Publikasi Artikel Ilmiah dalam Jurnal dalam 5 tahun terakhir.
No. | Judul Artikel | Volume/Nomor/Th | Nama Jurnal |
1 | The Influence of the Application of the Learning Media toward Biology Learning Outcomes for Third Grade Secondary School Students | SSN: 2075-4124 (print), 2075-7107 (Online).Vol.3 No.7, May 2015. | International Journal of Academic Research |
2 | Contextual Chemistry Model Based Learning Environment (PKKBL) To Improve Student Learning Outcomes And Academic Honesty For Junior High School | ISSN 2222-1735 (Paper) ISSN 2222- 288X (Online) Vol.5, No.2, 2014 | Journal of Education and Practice www.iiste.org |
3 | The use of metacognitive knowledge patterns to compose physics higher order thinking problems | Volume 14, Issue 2, Article 9 (Dec., 2013) | Asia-Pacific Forum on Science Learning and Teaching, |
4 | Pengaruh Penerapan Pendekatan Konstruktistik terhadap Sikap ilmiah Siswa Sekolah Dasar | Vol.19.No.2. 2010 ISSN 0854-8285 | Sekolah dasar |
5 | Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan Dasar dan Menengah. | Vol.15, No.3, Mei 2009. ISSN 0215-2673. | Pendidikan dan Kebudayaan, |
Pemakalah Seminar Ilmiah (Oral Presentation) 5 Tahun Terakhir
No. | Nama Pertemuan Ilmiah/ Seminar | Judul Artikel ilmiah/Sajian | Waktu dan Tempat |
1. | Seminar Peningkatan Mutu Pembelajaran dan Penilaian | Pergeseran Paradigma Pendidikan: Students Centre Learning | STIE Gobel, Makassar, 02 Maret 2017 |
2. | Meeting Consortia and Facilitaor LPTK, Usaid Prioritas, South Sulawesi | Implementasi Praktik yang Baik pada Perkuliahan IPA di LPTK. | Makassar, 27 Februari, 2017 |
3. | Training Lecturers in Literacy, Math, and Science USAID Prioritas | Pre-service training in Science Curricula and Materilas | STKIP Muh. Manokwari
5 – 8 Des.2016 |
4. | Lokarya Nasional Pengemb. Modul Pelatihan Tingkat SD/MI bagi Dosen LPTK | Pengembangan Materi Modul Pembelajaran IPA SD/MI. | Yokyakarta, 29 Nov sd. 2 Des. 2016 |
5. | Seminar Nasional Pendidikan Hasil-hasil Penelitian Bidang Pendidikan Dasar | Action Reserach: Alternatif peningkatan profesional guru bidang penelitian. | Ternate, 14 Oct 2016 |
6. | Pelatihan Dosen PPL dan Guru Pamong | Pelaksanaan Jurnal Rflektif dan Conference dalam PPL | Makassar, 20 – 22 Sept. 2016 |
7. | Workshop Implementasi Program HOTS di Sekolah Islam Athirah | Menyusun Instrumen Penilaian berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) | Sekolah Islam Athurah Mks.
22 Agust. 2016 |
8. | Lokakrya Nasional Adaptasi Modul Praktik yang Baik, USAID Prioritas | Praktik yang Baik untuk Pembel-ajaran IPA SD/MI | Makassar, 31 Mei – 3 Juni 2016. |
9. | Lokakraya Nasional Adaptasi Modul 3, USAID Prioritas | Praktik yang Baik Pembelajaran dan Manajemen untuk LPTK | Semarang, 29 – 31 Maret 2016
|
10. | Pelatihan Program PEKERTI Univ.Neg.Makassar | Penyusunan Bahan Ajar dan Penilaian | UNM, 30 Oct. 2015. |
11. | Workshop Program Studi PGSD, FIP UNM | Pengembangan Bahan Ajar berbasis KKNI | Makassar, 12 – 14 Juni 2015
|
12. | Seminar Nasional Pendidikan FOSDIK Al Umdah UNM | Implementasi Pendidikan Berkarak-ter demi Perubahan Indonesia Lebih Baik | UNM, Makassar, 05 Mei 2015 |
13. | Pelatihan Buku Sumber untuk Dosen LPTK, Propinsi Banten | Pemodelan Unit Literasi pembelajaran IPA | Serang, 11 Mei 2015 |
14. | Seminar Pendidkan TTI Showcase Meeting USAID South Sulawesi | Implementasi Pendidikan Karakter dalam Perkuliahan | Makassar,
12 Mei 2015 |
15. | Lokakarya Nasional LPTK sebagai Service Provider: Peluang dan Tantangan | LPTK sebagai Service Provider dan Integrasinya dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi | Jakarta, 28 – 29 April 2015 |
16. | Pelatihan Pembelajaran untuk Sekolah Praktik yang Baik (SD/MI) | Membangun Pembiasaan Literasi dan Portfolio | Makassar, 15 – 17 Maret 2015 |
17. | National Workshop: Material Adaptation for Good Practice Schools. | Penyusunan Draft Materi Adaptasi untuk Good Practice Schools SD/MI | Medan, 16 – 18 Sept, 2014. |
18. | Pealtihan untuk Pelatih: Pembelajaran yang Baik dan Manajemen SD/MI. | Mengelola Pembelajaran Efektif: Literasi Lintas Kurikulum IPA | Makassar, 24 – 31 Agst, 2014 |
19. | Lokakarya Nasional Adaptasi Modul Pelatihan untuk LPTK | Adaptasi untuk Implementasi Pelatihan Dosen LPTK | Jakarta, 23 – 25 Juni 2014 |
20. | Pelatihan Praktik yang Baik Pengembnagan Program Sekolah Berbasis SNP | Penyusunan Pertanyaan Tingkat Tinggi dan Lembar Kerja | Bandung, 21 – 24 April 2014 |
21. | Pelatihan Pedagogi SD/MI untuk Dosen LPTK | Pemanfaatan Lingkungan sebagai Media dan Sumber Belajar | Makassar, 6 – 8 Juni 2013 |
22. | Lokarya Peningktan Kualitas Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat | Penulisan proposal penelitian disentralisai yang memenuhi kriteria DP2M Dirjen Dikti. | Palu, 20 Mei
2013 |
23. | Seminar Internasional Forum JIP FIP se Indonesia | Pengembangan Instrumen KP dan Nilai Karakter berbasis Portofolio | Medan, 10 – 12
April 2013 |
24. | International Conference: Professional Development of Elementary Teacher Education | Process skills assessment on class-room action research (CAR) at elementary schools. | Makassar, 11 – Februari, 2013 |
- Karya Buku dalam 5 Tahun Terakhir
No. | Judul buku | Tahun | Jmlah hal | Penerbit. |
1. | Penilaian Ketrampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran IPA-SD | 2007 | 155+viii | Dir.Ketenagaan Dirjen Dikti
Depdiknas
|
2. | Aplikasi Keterampilan Proses dalam Pembel-ajaran di Sekolah Dasar | 2008 | 140+vi | Samudera Ilmu
ISBN 978-979-25 6521-8 |
3. | Penilaian Pembelajaran | 2009 | 222+v | Hayfa Press. ISBN 978-979
\-1134-90-3 |
4. | Panduan Penjaminan Mutu Penelitian | 2010 | 131+x | Badan Penerbit UNM. ISBN 978-979-26-4850-8 |
5. | Konsep Dasar IPA: Teori dan Praktik. | 2010 | 230+viii | Hayfa Press. ISBN 979-979-1134-91-0 |
6. | Asesmen Autentik dalam Pembelajaran | 2017 | 241+xii | Deepublish. ISBN
978-602-453-440-0 |