Muhammad Irfan

 

 

 

 

Identitas Diri 

1 Nama Lengkap Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd
2 Jabatan Fungsional Lektor
3 Jabatan Struktural Ketua Program Studi PGSD FIP UNM
4 NIP 198008052005011002
5 NIDN 0005088005
6 Tempat dan Tanggal Lahir Ujung Pandang, 5 Agustus 1980
7 Alamat Rumah Komp. Gerhana Alauddin Blok D No. 24 Makassar
8 Nomor Telepon/Faks/HP HP. 081392707305
9 Alamat Kantor Kampus FIP UNM, Jl.Tamalate 1, Makassar
10 Nomor Telepon/Faks 0411884457/Fax.0411884457
11 Alamat e-mail irfanunm@gmail.com
12 Mata Kuliah yang Diampu 1.  Konsep Dasar IPA

2.  Pendidikan IPA SD

3.  Pembelajaran Terpadu di SD

Riwayat Pendidikan Tinggi

S-1 S-2 S-3
Perguruan Tinggi UNM Makassar UNY Yogyakarta UNM Makassar
Bidang Ilmu Pendidikan Biologi Pendidikan Dasar (PGSD) Ilmu Pendidikan
Tahun Masuk-Lulus 1999 – 2004 2006 – 2008 2016 – sekarang
Judul Skripsi/ Thesis/ Disertasi Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Biologi FMIPA UNM Evaluasi Program Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar IPA di PGSD FIP UNM
Nama Pembimbing/ Promotor Dr. Ismail, MS

Dr. Adnan, MS

Prof. Dr. Djukri

Pengalaman Pelatihan yang pernah diikuti 5 tahun terakhir

No. Tahun Kegiatan Pelatihan Peran Tempat
1 2017 ToT Pengembangan Profesi Berkelanjutan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Peserta Bali
2 2016 Diklat Calon Narasumber untuk Guru Pembelajar oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Peserta Surabaya
3 2013 Pelatihan Instruktur Nasional Implementasi Kurikulum 2013 oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan

Pusat Pengembangan Profesi Pendidik

Peserta Jakarta

Pengalaman Penelitian dalam 5 tahun terakhir

 No.

 Tahun  

Judul Penelitian

Jenis Penelitian Sumber Dana
1 2017 Pengembangan Model PODE untuk meningkatkan ketermpilan proses sains Siswa SD Hibah Terapan PT Dikti
2 2017 Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar PNBP UNM UNM
3 2016 Pengembangan Model PODE untuk meningkatkan ketermpilan proses sains Siswa SD di Makassar Hibah Bersaing Dikti
4 2015 Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Memahami Konsep Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Kontekstual di Kelas V SD Negeri 240 Kabupaten Pinrang PNBP UNM UNM
5 2013 Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mappala Makassar PNBP UNM UNM

Pengalaman Pengabdian kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir

No. Tahun Judul Pengabdian Kepada Masyarakat Pelaksana Tempat
1 2017 Instruktur Pelatihan Olimpiade Sains tingkat Nasional Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan Makassar
2 2016 Instruktur Diklat Guru Pembelajar Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Papua
3 2015 IBM Bagi Guru SD Tentang Pembelajaran Keterampilan Proses IPA di Kabupaten Barru PNBP UNM Barru
4 2015 Instruktur Diklat Kurikulum 2013 LPMP SULSEL Makassar
5 2014 IBM Bagi Guru  SD Penggunaan Media Pembelajaran KIT IPA Bagi Guru SD di Kab. Enrekang PNBP UNM Enrekang
6 2014 Intruktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 LPMP SULSEL Makassar
7 2014 Intruktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar Papua
8 2013 Instruktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 LPMP SULSEL Makassar

Pengalaman Penulisasn Artikel Ilmiah dalam Jurnal dalam 5 tahun terakhir.

No. Judul Artikel Volume/Nomor

Tahun

Nama Jurnal
1 Development of Learning Model “PODE” (Predict, Observe, Discuss, Explain) in the Primary School Vol. 5, Issue 3, pp: (491-498), Month: July – September 2017 International Journal of Social Science and Humanities Research
2 Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Kelas V SD Inpres Unggulan BTN PEMDA Kota Makassar Melalui Penerapan ModelPembelajaran Predict Observe, Discuss, Explain (PODE) Vol. 8, No. 1 Tahun 2018. Jurnal Publikasi Pendidikan
3 Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Metode Mind Map pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar Volume 1 Nomor 2 Tahun 2017 Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan (JIKAP)
4 Pengembangan Model Pembelajaran Predic, Observe, Discuss and Explain (PODE) SBN: 978- 602-9075-25-7 Proceeding Seminar Nasional
5 Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Mata kuliah Konsep Dasar IPA I ISSN 2088-2092, Vol II No. 1 Hal. 7- 15, Februari-Mei 2012 Jurnal Publikasi Pendidikan

 Pengalaman Penulisan Buku dalam 5 Tahun Terakhir

No. Judul buku Tahun Jmlah

Halaman

Penerbit.
1. PODE ”Mengembangkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Dasar”