Identitas Diri
1 | Nama Lengkap | Dr.Muhammad Irfan, S.Pd, M.Pd. |
2 | Jabatan Fungsional | Lektor |
3 | Jabatan Struktural | Ketua Program Studi PGSD FIP UNM |
4 | NIP | 198008052005011002 |
5 | NIDN | 0005088005 |
6 | Tempat dan Tanggal Lahir | Ujung Pandang, 5 Agustus 1980 |
7 | Alamat Rumah | Komp. Gerhana Alauddin Blok D No. 24 Makassar |
8 | Nomor HP | 081392707305 |
9 | Alamat Kantor | Kampus FIP UNM, Jl.Tamalate 1, Makassar |
10 | Nomor Telepon/Faks | 0411884457/Fax.0411884457 |
11 | Alamat e-mail | irfanunm@gmail.com |
12 | Mata Kuliah yang Diampu | 1. Konsep Dasar IPA
2. Pendidikan IPA SD 3. Pembelajaran Terpadu di SD |
Riwayat Pendidikan Tinggi
S-1 | S-2 | S-3 | |
Perguruan Tinggi | UNM Makassar | UNY Yogyakarta | UNM Makassar |
Bidang Ilmu | Pendidikan Biologi | Pendidikan Dasar (PGSD) | Ilmu Pendidikan |
Tahun Masuk-Lulus | 1999 – 2004 | 2006 – 2008 | 2016 – 2022 |
Judul Skripsi/ Thesis/ Disertasi | Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Biologi FMIPA UNM | Evaluasi Program Pembelajaran Mata Kuliah Konsep Dasar IPA di PGSD FIP UNM | – |
Nama Pembimbing/ Promotor | Dr. Ismail, MS
Dr. Adnan, MS |
Prof. Dr. Djukri | – |
Pengalaman Pelatihan yang pernah diikuti 5 tahun terakhir
No. | Tahun | Kegiatan Pelatihan | Peran | Tempat |
1 | 2017 | ToT Pengembangan Profesi Berkelanjutan oleh Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan | Peserta | Bali |
2 | 2016 | Diklat Calon Narasumber untuk Guru Pembelajar oleh Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar | Peserta | Surabaya |
3 | 2013 | Pelatihan Instruktur Nasional Implementasi Kurikulum 2013 oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Pusat Pengembangan Profesi Pendidik |
Peserta | Jakarta |
Pengalaman Penelitian dalam 5 tahun terakhir
No. |
Tahun |
Judul Penelitian |
Jenis Penelitian | Sumber Dana |
1 | 2017 | Pengembangan Model PODE untuk meningkatkan ketermpilan proses sains Siswa SD | Hibah Terapan PT | Dikti |
2 | 2017 | Pengembangan Lembar Kerja Siswa berbasis metode Mind Mapping pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar | PNBP UNM | UNM |
3 | 2016 | Pengembangan Model PODE untuk meningkatkan ketermpilan proses sains Siswa SD di Makassar | Hibah Bersaing | Dikti |
4 | 2015 | Peningkatan Kreativitas Siswa Dalam Memahami Konsep Sifat Cahaya Melalui Pembelajaran Kontekstual di Kelas V SD Negeri 240 Kabupaten Pinrang | PNBP UNM | UNM |
5 | 2013 | Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Media KIT IPA di SD Negeri Mappala Makassar | PNBP UNM | UNM |
Pengalaman Pengabdian kepada Masyarakat dalam 5 Tahun Terakhir
No. | Tahun | Judul Pengabdian Kepada Masyarakat | Pelaksana | Tempat |
1 | 2017 | Instruktur Pelatihan Olimpiade Sains tingkat Nasional | Dinas Pendidikan Propinsi Sulawesi Selatan | Makassar |
2 | 2016 | Instruktur Diklat Guru Pembelajar | Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar | Papua |
3 | 2015 | IBM Bagi Guru SD Tentang Pembelajaran Keterampilan Proses IPA di Kabupaten Barru | PNBP UNM | Barru |
4 | 2015 | Instruktur Diklat Kurikulum 2013 | LPMP SULSEL | Makassar |
5 | 2014 | IBM Bagi Guru SD Penggunaan Media Pembelajaran KIT IPA Bagi Guru SD di Kab. Enrekang | PNBP UNM | Enrekang |
6 | 2014 | Intruktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 | LPMP SULSEL | Makassar |
7 | 2014 | Intruktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 | Direktur Pembinaan Guru Pendidikan Dasar | Papua |
8 | 2013 | Instruktur Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 | LPMP SULSEL | Makassar |
Pengalaman Penulisasn Artikel Ilmiah dalam Jurnal dalam 5 tahun terakhir.
No. | Judul Artikel | Volume/Nomor
Tahun |
Nama Jurnal |
1 | Development of Learning Model “PODE” (Predict, Observe, Discuss, Explain) in the Primary School | Vol. 5, Issue 3, pp: (491-498), Month: July – September 2017 | International Journal of Social Science and Humanities Research |
2 | Profil Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas Kelas V SD Inpres Unggulan BTN PEMDA Kota Makassar Melalui Penerapan ModelPembelajaran Predict Observe, Discuss, Explain (PODE) | Vol. 8, No. 1 Tahun 2018. | Jurnal Publikasi Pendidikan |
3 | Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Metode Mind Map pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar | Volume 1 Nomor 2 Tahun 2017 | Jurnal Ilmiah Ilmu Kependidikan (JIKAP) |
4 | Pengembangan Model Pembelajaran Predic, Observe, Discuss and Explain (PODE) | SBN: 978- 602-9075-25-7 | Proceeding Seminar Nasional |
5 | Pengembangan Multimedia Interaktif untuk Pembelajaran Mata kuliah Konsep Dasar IPA I | ISSN 2088-2092, Vol II No. 1 Hal. 7- 15, Februari-Mei 2012 | Jurnal Publikasi Pendidikan |
Pengalaman Penulisan Buku dalam 5 Tahun Terakhir
No. | Judul buku | Tahun | Jmlah
Halaman |
Penerbit. |
1. | PODE ”Mengembangkan Keterampilan Proses Sains di Sekolah Dasar” | |||