Kurikulum - Program Studi PGSD UNM

Kurikulum Prodi PGSD UNM dijabarkan atas beberapa komponen sebagai berikut:

  1. Profil Lulusan Program Studi

 

Profil Deskripsi Profil
Tenaga Pendidik

 

Tenaga pendidik pada jenjang sekolah dasar yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Peneliti Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk peningkatan mutu pendidikan di sekolah dasar.
Praktisi dan Konsultan Pendidikan Praktisi dan Konsultan Pendidikan di tingkat satuan pendidikan dasar dalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar.

 

  1. Capaian Pembelajaran

 

Capaian pembelajaran yang diharapkan akan dicapai oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan dibagi menjadi 4 (empat) ranah capaian pembelajaran, yaitu (1) sikap, (2) pengetahuan, (3) keterampilan umum, dan (4) keterampilan khusus. Uraiannya sebagai berikut.

Sikap

 

Setiap lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki sikap sebagai berikut:

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. menginternalisasi semangat inovatif, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. menginternalisasi sikap apresiatif dan peduli dalam pelestarian lingkungan hidup, seni, dan nilai-nilai sosial budaya yang berkembang di masyarakat (kearifan lokal).


Pengetahuan

 

Setiap lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki pengetahuan sebagai berikut:

  1. Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
  2. Menguasaikonseptentangkarakteristikperkembanganpeserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial.
  3. Menguasai pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK.
  4. Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
  5. Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan evaluasi hasil pembelajaran di sekolah dasar.
  6. Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar.
  7. Menguasai konsep dan teknik layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran.

 

Keterampilan umum

 

Setiap lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar harus memiliki keterampilan umum sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  4. Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan datar;
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiarisme;

 

Keterampilan khusus

Setiap lulusan Program Studi Teknologi Pendidikan harus memiliki keterampilan khusus sebagai berikut:

  1. Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar secara bertanggung jawab.
  2. Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
  3. Mampu menerapkan pengetahuan konseptual bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran dengan metode saintifik sesuai dengan etika akademik.
  4. Mampu menganalisis, merekonstruksi, dan memodifikasi kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar secara mandiri.
  5. Mampu merancang dan melaksanakan evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar secara berkelanjutan.
  6. Mampu merancang dan melaksanakan penelitian bidang pendidikan SD secara ilmiah sesuai dengan etika akademik dan melaporkannya dalam bentuk skripsi dan mengunggah artikel dalam laman perguruan tinggi.
  7. Mampu menerapkan layanan bimbingan penyuluhan di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku siswa dalam pembelajaran secara mandiri sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku.
  8. Mampu menerapkan sikap, pengetahuan, dan teori kewirausahaan dalam mengembangkan profesi sebagai pendidik.
  9. Mampu menerapkan kearifan lokal dalam mengembangkan profesi sebagai pendidik sekolah dasar.
Profil Kemampuan yang Harus Dimiliki
 

Tenaga Pendidik

Menguasai konsep dan praktik: merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran berdasar keilmuan, karakter, dan inovasi untuk meningkatkan mutu pendidikan pada jenjang sekolah dasar.
Peneliti Melakukan penelitian kualitatif, kuantitatif, dan mixed method bidang pendidikan yang membantu pemecahkan permasalahan pembelajaran serta mampu menghasilkan inovasi pembelajaran yang teruji untuk meningkatkan mutu pendidikan sekolah dasar.
Praktisi dan Konsultan Pendidikan Menguasai kemampuandalam bidang pengelola pendidikan, pembina ekstra kurikuler, evaluator pelaksanaan pembelajaran, dan pengembang media serta sumber belajar pada jenjang sekolah dasar.

 

 3. Bahan Kajian Program Studi PGSD

Bahan Kajian
Inti Keilmuan Filsafat Pendidikan
Ilmu Pendidikan
Pengembangan Kurikulum
Strategi Pembelajaran
Media dan Sumber Pembelajaran
Asesmen Pembelajaran
Psikologi
Bahasa dan Sastra Indonesia
Matematika
Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Pengetahuan Sosial
Pancasila dan Kewarganegaran
Metodologi Penelitian
Ipteks Pendukung Sosiologi dan Antropologi Pendidikan
Manajemen Pendidikan
Statistik Terapan
Seni Budaya dan Prakarya
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Bimbingan Konseling
Ipteks yang dikembangkan TIK dalam Pembelajaran
Pengembangan Bahan Ajar
Penciri PT / Program Studi Muatan Lokal
Kewirausahaan

 

STRUKTUR KURIKULUM S1 PGSD FIP UNM

NO KEL. MK KODE MK NAMA MATA KULIAH  SKS SMTR SEMESTER KET
I II III IV V VI VII VIII
1 MPK 13D61C101 Pendidikan Agama

3

I

3

2 MPK 13D61C102 Pendidikan Kewarganegaraan 2 I 2
3 MPK 13D61C103 Pengembangan Kepribadian & Potensi Diri I 1 I 1
4 MKK 13D61C104 Perkembangan Peserta Didik 2 I 2
5 MKK 13D61C105 Belajar dan Pembelajaran 2 I 2
6 MKK 13D61C106 Pengantar Pendidikan 2 I 2
7 MKK 13D61C109 Bahasa Indonesia 3 I 3
8 MKK 13D61C110 Bahasa Inggris 2 I 2
9 MBB 13D61C111 Muatan Lokal 2 I 2
10 MBB 13D61C201 Pengembangan Kepribadian & Potensi Diri II 1 II 1
11 MBB 13D61C202 Strategi Pembelajaran 2 II 2
12 MPK 13D61C205 Pengantar Dasar Matematika 3 II 3
13 MKK 13D61C206 Konsep Dasar IPS 3 II 3
14 MKK 13D61C207 Keterampilan Berbahasa Indonesia 3 II 3
15 MKK 13D61C208 Konsep Dasar PPKn 3 II 3
16 MKB 13D61C209 Teknologi Informasi dan Komunikasi 2 II 2
17 MKB 13D61C210 Pendidikan Seni 2 II 2
18 MKB 13D61C211 Filsafat Ilmu 2 II 2
19 MKB 13D61C301 Pengembangan Kepribadian & Potensi Diri III 1 III 1
20 MKB 13D61C3010 Kewirausahaan 2 III 2
21 MPB 13D61C302 Bimbingan Konseling 2 III 2
22 MBB 13D61C303 Konsep Dasar IPA 1 3 III 3
23 MPK 13D61C304 Teori dan Apresiasi Sastra SD 2 III 2
24 MKK 13D61C305 Seni Musik 2 III 2
25 MKB 13D61C306 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi 3 III 3
26 MKB 13D61C307 Pendidikan Matematika I 3 III 3
27 MKB 13D61C308 Pendidikan IPS SD I 3 III 3
28 MKB 13D61C309 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1 2 III 2
29 MPB 13D61C4010 Pendidikan Inklusi di SD 2 IV 2
30 MPB 13D61C402 Konsep Dasar IPA 2 3 IV 3
31 MPB 13D61C403 Seni Rupa & Kerajinan 2 IV 2
32 MKB 13D61C404 Permainan Olah Raga Tradisional 3 IV 3
33 MKB 13D61C405 Pendidikan Matematika II 3 IV 3
34 MKB 13D61C406 Pendidikan IPS SD II 3 IV 3
35 MPB 13D61C407 Pendidikan Bahasa Indonesia 1 3 IV 3
36 MPB 13D61C408 Magang 1 1 IV 1
37 MPB 13D61C409 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2 2 IV 2
38 MPB 13D61C401 Pengembangan Kurikulum SD 2 V 2
39 MPB 13D61C501 Filsafat Pendidikan 2 V 2
40 MPB 13D61C5011 Sosiologi Pendidikan 2 V 2
41 MKK 13D61C5012 Media Pembelajaran 2 V 2
42 MKB 13D61C504 Prespektif Global 2 V 2
43 MKB 13D61C505 Seni Tari 2 V 2
44 MKB 13D61C506 Pendidikan Matematika III 2 V 2
45 MPB 13D61C507 Pendidikan IPA SD 3 V 3
46 MPB 13D61C508 Pendidikan Bahasa Indonesia 2 3 V 3
47 MPB 13D61C509 Magang 2 1 V 1
48 MPB 13D61C510 Karya Tulis Ilmiah 2 V 2
49 MPB 13D61C503 Statistik 2 VI 2
50 MKB 13D61C601 Metodologi Penelitian Pendidikan 3 VI 3
51 MKB 13D61C602 Keterampilan Dasar Mengajar 2 VI 2
52 MPB 13D61C603 Evaluasi Pembelajaran 2 VI 2
53 MPB 13D61C604 Pembelajaran Terpadu di SD 2 VI 2
54 MPB 13D61C605 Magang 3 2 VI 2
55 MPB 13D61C606 ESP for Primary Teacher 3 VI 3
56 MBB 13D61C607 Manajemen Berbasis Sekolah 2 VI 2
57 MPB 13D61C901 Pembelajaran Kelas Rangkap* 2 VI/VII  

 

 

 

4

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6

 

 

 

 

 

 

P
58 MKK 13D61C902 Pengembangan Multimedia Pembelajaran di SD* 2 VI/VII P
59 MKB 13D61C904 Pendidikan IPA Lanjutan* 2 VI/VII P
60 MKB 13D61C905 Pendidikan IPS Lanjutan* 2 VI/VII P
61 MKB 13D61C906 Matematika Sekolah Lanjutan* 2 VI/VII P
62 MKB 13D61C908 Pendidikan Bhs. Indonesia Lanjutan* 2 VI/VII P
66 MKK 13D61C907 Demokrasi dan HAM* 2 VI/VII P
67 MKK 13D61C909 Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus* 2 VI/VII P
68 MPB 13D61C910 Pengelolaan Perpustakaan di SD* 2 VI/VII P
69 MPB 13D61C911 Kurikulum Issu* 2 VI/VII P
70 MPB 13D61C913 Kapita Selekta Pendidikan* 2 VI/VII P
63 MPB 13D61C701 Magang 4 2 VII 2
64 MBB 13D61C702 KKN** 3 VII 3
71 MKB 13D61C801 Skripsi*** 6 VII/VIII 6
19 21 23 22 23 22 11 6

Deskripsi Mata Kuliah

 

  1. MPK 13D61C101 Pendidikan Agama, 3 sks

 a.MPK 13D61C101 Pendidikan Agama Islam

Mata kuliah Pendidikan Agama Islam membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Islam.

 b.MPK 13D61C101 Pendidikan Agama Kristen

Mata kuliah Pendidikan Agama Kristen membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Kristen.

 c.MPK 13D61C101 Pendidikan Agama Katolik

Mata kuliah Pendidikan Agama Katolik membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Katolik.

 d.MPK 13D61C101 Pendidikan Agama Hindu

 Mata kuliah Pendidikan Agama Hindu membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Hindu.

 e.MPK 13D61C101 Pendidikan Agama Budha

Mata kuliah Pendidikan Agama Budha membahas tentang: Tuhan Yang Maha Esa dan ketuhanan, manusia, masyarakat, hukum, moral, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni, serta politik dan kerukunan antarumat beragama ditinjau dari agama Budha.

 

  1. MPK 13D61C102 Pendidikan Kewarganegaraan, 2 sks

 

Mata kuliah ini membahas tentang wawasan nusantara, ketahanan nasional, politik dan strategi hankamnas, serta sistem pertahanan keamanan rakyat semesta (Sishankamrata).

Untuk mengetahui pencapaian kompetensi diperoleh dengan tes tertulis, unjuk kerja dan penugasan.

 

  1. MPK 13D61C103 Pengembangan Kepribadian & Potensi Diri I, 1 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD dalam mengembangkan kepribadiaan dan potensi dirinya melalui kegiatan kepramukaan. Kegiatan kepramukaan dilaksanakan dalam bentuk latihan indoor dan outdor sebanyak 8 kali pertemuan tiap Jum’at – Sabtu dan ditutup dengan kegiatan Kursus Mahir Dasar (KMD). Penilaian dilakukan berdasarkan hasil dari pelatihan yang dilakukan melalui nilai proses dan nilai keterampilan mahasiswa.

 

 

  1. MKK 13D61C104, Perkembangan Peserta Didik, 2 sks

 

Mata kuliah ini membahas hakikat pertumbuhan dan perkembangan, karakteristik, dan perbedaan individual (fisik, intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai, moral, dan sikap) anak usia Sekolah Dasar, anak usia Sekolah Menengah dan orang dewasa; kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik (SD, Sekolah Menengah, dan orang dewasa); serta implikasi kebutuhan dan tugas perkembangan peserta didik dalam penyelenggaraan pendidikan. Perkuliahan dilaksanakan melalui tatap muka, dan penugasan. Penilaian dilakukan melalui penilaian proses dan tulis.

 

  1. MKK 13D61C105, Belajar dan Pembelajaran, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang pemahaman dan penguasaan subtansi hakikat belajar dan pembelajaran sebagai komponen dari sistem pembelajaran serta teori belajar yang mendasarinya. Pembahasan materi mencakup hakikat belajar serta teori yang melandasinya dan aplikasinya dalam pembelajaran sesuai dengan masing-masing mata pelajaran. Untuk mengetahui pencapaian kompetensi diperoleh dengan tes tertulis, unjuk kerja dan penugasan.

 

  1. MKK 13D61C106, Pengantar Pendidikan, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang hakikat manusia dan pendidikan, landasan pendidikan, lingkungan pendidikan, sejarah pendidikan di Indonesia, macam-macam aliran pendidikan sejak zaman klasik, aliran pokok pendidikan di Indonesia, sistem pendidikan nasional, pendidikan dan pembangunan nasional, serta inovasi pendidikan.

 

  1. MKK 13D61C109, Bahasa Indonesia, 3 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk memiliki sikap positif terhadap bahasa indonesia. Sikap positif dapat diwujudkan dengan mendorong mahasiswa untuk memelihara bahasa nasional, mengutamakan bahasanya, serta menggunakan bahasanya sesuai dengan kaidah dan aturan yang berlaku. Mahasiswa diharapkan dapat menyusun karya ilmiah dalam bentuk dan isi yang baik seperti penulisan makalah skripsi dan lain-lain.

 

  1. MKK 13D61C110, Bahasa Inggris, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD agar mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris sederhana dalam forum formal maupun tidak formal pada tingkat dasar. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa dituntut untuk mempraktekkan materi yang telah dipelajari. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang:

personal information and introductions, jobs and routines, family relationships, telling time and telephone communication, food and money, transportation, leisure activities, learning and schooling.

Untuk memperdalam materi mata kuliah diharapkan mahasiswa mengikuti tutorial tatap muka, dan menggunakan multi media. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial.

  1. MKK 13D61C111, Muatan Lokal, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang sejarah perkembangan bahasa daerah (Makassar, Bugis, Mandar, Toraja). Perkembangan budaya daerah menyangkut cerita daerah seperti sinrilik, ujar-ujar, serta makna dan filosofi dari berbagai tari-tarian daerah terutama yang berada pada provinsi Sulawesi Selatan. Untuk mengukur kompetensi dilakukan evaluasi berupa laporan hasil observasi (museum, balai bahasa), penugasan (portofolio), dan tes tulis.

 

  1. MKK 13D61C201, Perkembangan Kepribadian dan Potensi Diri II, 1 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD dalam mengembangkan kepribadiaan dan potensi dirinya melalui kegiatan pengembangan wawasan Adiwiyata dan UKS. Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk latihan indoor dan outdor sebanyak 8 kali pertemuan. Penilaian dilakukan berdasarkan hasil dari pelatihan UKS dan wawasan Adiwiyata serta melalui penyusunan laporan tentang pelaksanaan Adiwiyata dan UKS di sekolah.

  1. MKK 13D61C202, Strategi Pembelajaran, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan dan wawasan mengelola pembelajaran di SD. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji dan mengelola pembelajaran di SD, berlatih mengerjakan soal latihan formatif, dan melakukan diskusi serta tanya jawab. Materi mata kuliah ini berisi pokok bahasan berbagai aspek mengenai strategi pembelajaran, yang meliputi hakikat strategi pembelajaran, karakteristik pembelajaran di SD, model pembelajaran, prosedur pembelajaran, kriteria pemilihan dan penggunaan metode mengajar, kriteria pemilihan media pembelajaran, menerapkan keterampilan dasar mengajar, kegiatan remedial dan pengayaan, pengelolaan kelas, disiplin kelas dan pembelajaran yang efektif. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan dan tes tertulis (objektif).

 

  1. MPK 13D61C205, Pengantar Dasar Matematika, 3 sks

Mata kuliah Pengantar Dasar Matematika (PDM) merupakan mata kuliah wajib yang memberi bekal kepada mahasiswa untuk mampu menguasai dan menerapkan berbagai kemampuan pengetahuan dan keterampilan serta kecakapan memahai dan mengajarkan materi-materi penalaran dalam matematika, logika, himpunan, relasi dan fungsi, persamaan dan pertidaksamaan dan geomteri transformasi serta pemecahan masalah melalui diskusi, penugasan.

 

 

 

  1. MKK 13D61C206, Konsep Dasar IPS, 3 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai kemampuan memahami, mengembangkan dan menerapkan konsep dasar IPS dalam pembelajaran IPS di SD dengan menerapkan model-model pembelajaran yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Untuk menguasai kemampuan tersebut, mahasiswa dituntut mengkaji konsep-konsep yang disajikan dalam buku materi pokok, mengerjakan latihan dan tes formatif yang disediakan, mempelajari web-supplement, serta diskusi dengan mahasiswa lain. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup hakikat dan karakteristik mata kuliah konsep dasar IPS, Sejarah perkembangan IPS, ruang lingkup cakupan IPS, yang meliputi konsep dasar sejarah, geografi, ekonomi, sosiologi, antropologi, politik dan pemerintahan dan psikologi sosial serta berkaitan antara bidang satu dengan bidang lainnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membahas rancangan model-model pembelajaran IPS sesuai dengan tuntutan kurikulum dan perkembangan peserta didik dan menerapkan keterampilan dasar IPS dalam pelaksanaan tugas sebagai guru dalam kehidupan bermasyarakat, termasuk konsep dasar IPS terpadu. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis.

 

  1. MKK 13D61C207, Keterampilan Berbahasa Indonesia, 3 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menguasai keterampilan berbahasa dan keterkaitan antar aspek keterampilan berbahasa. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa dituntut untuk mempraktekkan keterampilan berbahasa Indonesia sesuai dengan materi yang telah dipelajari. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang hakikat keterampilan berbahasa, berupa pengertian dan manfaat keterampilan, aspek-aspek keterampilan berbahasa, keterkaitan antar aspek keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa ini, meliputi keterampilan menyimak, baik tingkat dasar maupun tingkat lanjut. Begitu juga keterampilan berbicara, membaca, dan menulis dipaparkan dalam tingkat dasar dan lanjut, serta keterampilan berbahasa terpadu. Untuk memperdalam materi mata kuliah diharapkan mahasiswa mengikuti tutorial tatap muka, dan menggunakan multimedia. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial.

 

  1. MKK 13D61C208, Konsep Dasar PPKn, 3 sks

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai substansi bidang studi dan materi kurikuler Pendidikan Pancasila dan  mata pelajaran pendidikan Pancasila dan  kewarganegaraan di SD, serta mampu mengelola  pembelajaran yang mendidik untuk SD. Untuk mencapai kompetensi tersebut mata kuliah ini menyajikan dan mengintegrasikan penguasaan bidang studi, khususnya mengenai:konsep, nilai, moral dan norma dalam pancasila, dalam dinamika kehidupan. Nilai-nilai pancasila. Indentitas nasional sebagai kepribadian bangsa. Konstitusi,negara dan Demokrasi konstitusional indonesia. Semangat kebangsaan dan cinta tanah air serta bela negara. Perlindungan HAM. Penegakan hukum. Konsep dan prinsip kewarganegaraan indonesia yang demokratis dalam konteks kewarganegaraan dunia. Pentingnya kerjasama antar bangsa dan pelaksanaan politik luar negeri yang bebas aktif. Prinsip dan praktik dan penyelenggaraan pemerintahan dan kelembagaan negara berdasarkan demokrasi konstitusional indonesia. Penyelenggaraan negara yang bersih dan berwibawa serta bebas dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme. Otonomi daerah.

 

  1. MKB 13D61C209, Teknologi Informasi dan Komunikasi, 2 sks

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dasar tentang teknologi informasi, teknologi komunikasi, peralatan dan perkembangan teknologi, peranan dan dampak teknologi informasi dan komunikasi serta telekomunikasi di Indonesia. Selain itu mempelajari tentang penggunaan beberapa perangkat lunak komputer baik sebagai alat komunikasi maupun untuk mempermudah dalam membuat media pembelajaran yang menggunakan perangkat komputer. Beberapa perangkat lunak yang dipelajari dalam teknologi informasi dan komunikasi (TIK) adalah Microsoft office, corel draw, internet, serta computer dan virus komputer. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif),UAS dan tes keterampilan.

 

  1. MKB 13D61C210, Pendidikan Seni, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam pembelajaran Pendidikan Seni di SD. Mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan, apresiasi dan kreativitas seni, serta dapat merancang pembelajaran seni secara terpadu di SD bagi dirinya dan menerapkannya dalam pembelajaran di lapangan. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang materi pendidikan seni musik, seni tari, seni rupa yang harus dikuasai oleh guru SD dalam rangka mengembangkan potensi seni anak didiknya. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif),UAS dan tes keterampilan.

 

  1. MKB 13D61C211, Filsafat Ilmu, 2 sks

Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar tentang filsafat ilmu, kedudukan, focus, cakupan, tujuan dan fungsinya. Mata kuliah fisafat ilmu memberikan pemahaman tentang akar pengetahuan, berpikir logis dan rasional, berpikir deduktif dan induktif, metode ilmiah (kekuatan dan kelemahannya), proses, produk, sikap ilmiah. Para tokoh filusuf dan pemikirannya sepanjang peradaban manusia juga di bahas dalam filsafat ilmu. Selain itu dibahas pula tentang karakteristik filsafat, ilmu dan pendidikan serta jalinan fungsional antara ilmu, filsafat dan agama. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif), dan UAS.

 

  1. MKB 13D61C301, Perkembangan Kepribadian dan Potensi Diri III, 1 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD dalam mengembangkan kepribadiaan dan potensi dirinya melalui kegiatan pengembangan karakter diri seperti aoutbod, pelatihan karakter pengembangan dan keagamaan melalui kegiatan pelatihan manasisk haji (bagi yang beragama islam) dan pengebangan kerohanian (bagi mahasiswa non muslim). Kegiatan dilaksanakan dalam bentuk kegiatan indoor dan outdor sebanyak 8 kali pertemuan. Penilaian dilakukan berdasarkan hasil dari pelatihan yang dilakukan melalui nilai proses dan nilai keterampilan mahasiswa.

 

  1. MKB 13D61C2010, Kewirausahaan, 2 sks

Mata kuliah kewirausahaan mengkaji berbagai permasalahan kewirausahaan. Selanjutnya, dibahas pula bagaimana memiliki jiwa kewirausahaan yang tangguh dan berwirausaha. Materi yang terdapat pada mata kuliah kewirausahaan terdiri dari konsep-konsep dasar kewirausahaan, kebutuhan berprestasi dan berkreativitas bagi seorang wirausaha, konsepsi wirausaha dan  kewirausahaan, karakteristik, jiwa, semangat, pribadi wirausaha dan upaya-upaya yang dilakukan wirausaha. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif),UAS dan tes keterampilan.

 

 

  1. MPB 13D61C302, Bimbingan Konseling, 2 sks

Mata kuliah ini di maksudkan membekali mahasiswa calon  guru SD dengan kemapuan bimbingan dan konseling sebagai bagian terpadu dari tugas-tugas kependidikan di sekolah dasar  dengan mengusai konsep dan teknik layanan bimbingan dan konseling serta menerapkan  layanan  bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk memecahkan permasalahan yang terkait dengan perilaku  siswa dalam pembelajaran secara mandiri. Untuk mencapai hal tersebut, maka mata kuliah ini mengkaji hakekat bimbingan di SD, teknik-teknik memahami anak, bimbingan bagi anak cerdas dan berbakat, bimbingan bagi anak yang mengalami masalah belajar, bimbingan anak berkelainan, bimbingan agi anak berperilaku bermasalah, bimbingan kelompok di SD, bimbingan bagi pengembangan wawasan karier anak, manajemen dan system pendukung bimbingan di SD dan evaluasi program BK di SD

 

  1. MBB 13D61C303, Konsep Dasar IPA 1, 3 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu menerapkan konsep dasar IPA dalam pembelajaran di SD. Untuk mencapai kemampuan tersebut mahasiswa diharapkan mengikuti tutorial tatap muka. Mata kuliah ini menyajikan penjelasan tentang konsep dasar IPA dalam pembelajaran di SD meliputi makhluk hidup, pengukuran, kinematika dan dinamika; sifat termal zat; gelombang dan bunyi; kelistrikan dan kemagnetan; bumi dan alam semesta. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini akan diuji melalui UAS dan tugas tutorial.

 

  1. MPK 13D61C304, Teori dan Apresiasi Sastra SD, 2 sks

Mata kuliah Teori dan Apresiasi Sastra SD terdiri atas: Hakikat sastra anak SD& perspektif sastra SD, sejarah, teori & kritik sastra,  genre sastra anak & unsure-unsurnya,pendekatan & aliran-aliran sastra, tokoh sastrawan & karyanya,  teknik  membaca puisi & teknik  bermain drama,  Untuk mencapai kompetensi dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan berbagai aktivitas seperti: mengkaji karya sastra anak-anak berdiskusi, mencipta, mengapresiasi berbagai genre sastra anak-anak,dengan berbagai pendekatan dan berlatih mementaskan drama anak-anak.. Untuk mengevaluasi kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan berbagai penilaian di antaranya: penilaian proses, hasil dan portopolio.

 

  1. MKK 13D61C305, Seni Musik, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam pembelajaran Seni Musik di SD. Mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan, apresiasi dan kreativitas seni, serta dapat merancang pembelajaran seni secara terpadu di SD bagi dirinya dan menerapkannya dalam pembelajaran di lapangan. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang materi yang  terkait dengan pembelajaran seni  baik menyangkut strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran seni di SD. Substansi kajian juga tidak terlepas dari materi yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon pendidik yang profesional dan berkarakter melalui pembelajaran seni dan dapat menjadi motivator pengembangan kreatifitas anak di SD setelah peserta didik menjadi tenaga pengajar  pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar.

 

  1. MKB 13D61C306, Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi, 3 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dan mempraktekkan keterampilan dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani dan Olahraga serta dapat menilai dan mengevaluasi. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan mengkaji pengetahuan, keterampilan, sikap, dan nilai yang bertalian dengan pengembangan proses pendidikan melalui aktivitas jasmani secara terpilih dari materi atletik, senam, permainan sepak bola dan bola voli, permainan tenis meja, bulu tangkis, renang, pencak silat, model pembelajaran pendidikan jasmani, serta prinsip-prinsip evaluasi dalam proses dan hasil belajar pendidikan jasmani. Melalui Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis (objektif), UAS dan tes keterampilan.

 

  1. MKB 13D61C307, Pendidikan Matematika 1, 3 sks

Mata kuliah ini memberi pemahaman tentang materi bilangan untuk sekolah dasar dan juga memberi bekal tentang model pembelajaran pada sekolah dasar. Mata kuliah ini juga memberi materi yang memayungi matematika sekolah dasar tentang bilangan dan operasisinya serta teori belajar. Matakuliah ini mengintegrasikan pemahaman substansi bidang studi dan materi kurikuler matematika SD (bilangan) serta mampu mengelola pembelajaran yang mendidik. Pengalaman belajar yang diharapkan dapat dialami dan dikondisikan serta direalisasikan untuk mahasiswa adalah kegiatan mengkaji, berlatih, serta menghayati model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi, diskusi dan membiasakan bekerja secara individual dan juga secara kelompok.

 

  1. MKB 13D61C308, Pendidikan IPS SD 1, 3 sks

Mata Kuliah Pendidikan IPS SD 1  merupakan mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD agar menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar, dengan Menguasai konten IPS SD, Strategi Pembelajaran IPS, model pembelajaran IPS SD dan penggunaan Media Pembelajaran IPS SD serta Perencanaan Pembelajaran IPS SD yang inovatif di sekolah dasar.

 

  1. MKB 13D61C309, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 1, 2 sks

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai substansi bidang studi dan materi kurikuler Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn1) dan materi kurikuler  mata pelajaran pendidikan Pancasila dan  kewarganegaraan di SD, serta mampu mengelola  pembelajaran yang mendidik untuk SD. Untuk mencapai kompetensi tersebut mata kuliah ini menyajikan pengalaman belajar yang mengintegrasikan penguasaan bidang studi, serta berbagai substansi yang berkaitan dengan kemampuan mengelola pembelajaran yang mendidik. Pengalaman belajar tersebut diwujudkan dalam bentuk mengkaji dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi, berdiskusi, berlatih membiasakan diri secara individual maupun kelompok. untuk mengevaluasi penguasaan kompetensi, mahasiswa diwajibkan mengikuti tes, mengerjakan tugas-tugas dan mendemonstrasikan kemampuan dalam diskusi serta menampilkan perilaku yang baik.

  1. MPB 13D61C4010, Pendidikan Inklusi di SD, 2 sks

Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa S1 PGSD mampu  trampil dalam menangani anak berkebutuhan khusus, dan bisa memberikan pelayanan semaksimal mungkin serta bisa menganalisa/ mengesesmen, dan memberikan tindak lanjut sampai ke kompensatorisnya.

 

  1. MPB 13D61C402, Konsep Dasar IPA 2, 3 sks

Mata kuliah ini mengkaji tentang ciri-ciri makhluk hidup, Keaneka ragaman ekosistem, Keaneka ragaman mikrobiota indonesia, keaneka ragaman tumbuhan berpembuluh  Indonesia, Keanekaragaman genetik, organisasi kehidupan, ekosistem, Tipe-tipe Bioma, interaksi antar individu dan antar populasi makhluk hidup, Rantai makanan, jaring-jaring makanan, dan piramida makanan, perkembangbiakan  vegetatif tumbuhan rendah, Perkembangbiakan generatif tumbuhan rendah, Perkembang biakan   tumbuhan tinggi, Perkembangbiakan  hewan rendah, perkembang biakan hewan tinggi, Perkembangbiakan pada Manusia, Pemuliaan Tumbuhan, Pemuliaan Hewan, Rangka tubuh manusia, Bentuk , Struktur, dan hubungan antar Tulang, Kelainan dan gangguan pada tulang, otot rangka dan otot polos, Indra penglihatan, indra pendengaran, indra pengecap, indra peraba, indra penciuman, alat-alat pencernaan, alat peredaran darah, sistem peredaran dan gangguan darah, struktur sistem pernapasan, mekanisme pernapasan, fisiologi dan gangguan sistem pernapasan, pengertian dan fungsi makanan secara umum, bahan dan zat makanan, kecukupan gizi yang dianjurkan, penyakit yang berhubungan dengan makanan, pedoman susunan makanan sehat, materi dan perubahan, asam, basa, dan indikator; makanan dan gizi.

 

  1. MPB 13D61C403, Seni Rupa dan Kerajinan, 2 sks

Mata kuliah secara khusus memperkenalkan mahasiswa akan aspek seni rupa, kebudyaan, kerajinan, serta estetika penilaian seni rupa. Dengan mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan dapat mengetahui serta menguasai pemahaman tentang seni rupa dan kerajian, kekayaan tradisi, seni rupa dan kerajinan dalam kehidupan sehari-hari dan diharapkan memahami materi aplikasinya dalam proses evaluasi aspek seni rupa dan kerajinan anak. Di samping itu mahasiswa mengalami proses berkarya seni rupa dan kerajinan dengan berbagai tema, material, dan dimensi untuk pengembangan aspek spasial dan kreativitas. Evaluasi dilakukan dengan cara menilai proses dan hasil produk mahasiswa.

 

  1. MKB 13D61C404, Permainan Olah Raga Tradisional, 3 sks

Pada mata kuliah permainan olah raga tradisional dibahas tentang berbagai permainan tradisional lokal maupun nasional. Mahasiswa mampu mendeskripsikan dan mempraktekkan berbagai bentuk permainan tradisional dan mengkaji hubungannya dengan kompetensi keolahragaan. Selain itu, setelah mengikuti kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan, keterampilan, dan sikap serta mampu mengaplikasikan Permainan Tradisional yang ada di tiap wilayah/ daerah di Indonesia dalam pengelolaan nilai-niali budaya Bangsa indsonesia untuk dipelajari di sekolah. Perkuliahan juga mengkaji isu-isu dan masalah-masalah yang dihadapi dalam penerapan earifan lokal melalui permainan tradisional yang dipelajari di sekolah.Untuk mengukur kompetensi dilakukan dengan bentuk tes proses (keterampilan dalam permainan tradisional), tugas portofolio.

 

  1. MKB 13D61C405, Pendidikan Matematika II, 3 sks

Mata kuliah ini memberi pemahaman tentang materi geometri (bangun datar, bangun ruang dan pengukuran) cara mengajarkan dan mengevaluasinya di Sekolah Dasar. Pengalaman belajar yang diharapkan dapat dialami dan dikondisikan serta direalisasikan untuk mahasiswa adalah kegiatan mengkaji, berlatih, serta menghayati model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi, diskusi dan membiasakan bekerja secara individual dan secara kelompok.

 

  1. MKB 13D61C406, Pendidikan IPS SD II, 3 sks

Mata Kuliah Pendidikan IPS SD,  merupakan mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD untuk dapat menguasai konsep kurikulum, pendekatan, metode, teknik, LKS dan Evaluasi yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar khususnya dalam pembelajaran IPS. Serta memiliki keterampilan mengajar IPS di sekolah dasar dengan penguasaan kemampuan merancang dan mengembangkan model serta materi ajar IPS sesuai dengan Kurikulum yang berlaku dan kebutuhan pembelajaran Peserta Didik dalam konteks pencapaian tujuan utuh pendidikan melalui perkuliahan dengan Pendekatan contextual teaching and learning dan active Learning Approached, dengan metode aktifitas ceramah (Dosen tamu), tanya jawab (higher order of thinking), diskusi,  curah pendapat (brain storming), simulasi, field trips ke sekolah,  dan Penugasan (Mandiri dan kelompok).

  1. MPB 13D61C407, Pendidikan Bahasa Indonesia 1, 3 sks

Mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia 1 terdiri atas a.  karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar, baik perkembangan fisik, psikologis, dan sosial. B. Hakikat pemerolehan bahasa hakikat perkembangan bahasa anak (fonologi, morfologi, sintaksis, semantik) c. teori pemerolehan bahasa.d Menguasai dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya bidang studi bahasa Indonesia  di sekolah dasar.Untuk mencapai kompetensi dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan berbagai aktivitas seperti: mengkaji kurikulum SD dengan berbagai pendekatan dan berlatih mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, khususnya bidang studi bahasa Indonesia  di sekolah dasar. Untuk mengevaluasi kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan berbagai penilaian di antaranya: penilaian proses, hasil, portopolio dan simulasi.

 

  1. MPB 13D61C408, Magang 1, 1 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi Mahasiswa S1 PGSD untuk memperoleh pengalaman dan mengenal kultur Sekolah Dasar, dengan mencari tahu struktur organisasi sekolah, merasakan iklim persekolahan, mengenal tugas pokok dan fungsi guru secara langsung, dan mengenal sistem administrasi di SD serta kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan ini melalui observasi langsung di sekolah, menyusun laporan observasi dan melakukan seminar/ Fokus Group Diskusi terkait dengan temuan yang diperoleh di sekolah. Evaluasi dilakukan dengan cara mengamati mahasiswa melakukan observasi serta menilai laporan yang telah di susun.

 

 

  1. MPB 13D61C409, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 2, 2 sks

Melalui mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menguasai substansi bidang studi dan materi kurikuler Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn II) dan materi kurikuler  mata pelajaran pendidikan Pancasila dan  kewarganegaraan di SD, serta mampu mengelola  pembelajaran yang mendidik untuk SD. Untuk mencapai kompetensi tersebut mata kuliah ini menyajikan pengalaman belajar yang mengintegrasikan penguasaan bidang studi, serta berbagai substansi yang berkaitan dengan kemampuan mengelola pembelajaran yang mendidik. Pengalaman belajar tersebut diwujudkan dalam bentuk mengkaji dan memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan eksplorasi, berdiskusi, berlatih membiasakan diri secara individual maupun kelompok. Untuk mengevaluasi penguasaan kompetensi, mahasiswa diwajibkan mengikuti tes, mengerjakan tugas-tugas dan mendemonstrasikan kemampuan dalam diskusi serta menampilkan perilaku yang baik.

 

  1. MPB 13D61C401, Pengembangan Kurikulum SD, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa Program S1 PGSD untuk menguasai pengetahuan yang komprehensif tentang kurikulum dan pembelajaran serta kemampuan berperan serta dalam pengembangan kurikulum dan pembelajaran, baik di tingkat regional maupun nasional. Untuk menguasai pengetahuan dan kemampuan tersebut, mahasiswa dituntut mengkaji beberapa kurikulum SD, baik yang pernah berlaku di Indonesia maupun di negara lain, serta model kurikulum yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan masyarakat pada abad ke-21. Di samping itu, mahasiswa juga dituntut berlatih mengembangkan kurikulum pada tingkat mikro, di kelas sendiri. Topik-topik yang dibahas dalam mata kuliah ini mencakup: Hakikat Kurikulum, Landasan dan Pendekatan Pengembangan Kurikulum, Prosedur Pengembangan Kurikulum, Profil Kurikulum Sekolah Dasar, Praxis Pengembangan Kurikulum SD di Indonesia, Prospek Pengembangan Kurikulum untuk Abad ke-21, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Produk Pengembangan Kurikulum Sekolah Dasar, Pengembangan Rencana Pembelajaran, Perumusan Tujuan Pembelajaran Khusus, Perancangan Kegiatan Pembelajaran, serta Kegiatan Ekstrakurikuler. Penguasaan mahasiswa terhadap kemampuan yang diharapkan diukur melalui tes tertulis.

 

  1. MPB 13D61C501, Filsafat Pendidikan, 2 sks

Mata kuliah ini mengkaji tentang hakekat manusia dan kebutuhannya akan pendidikan; hakekat pendidikan yang mencakup konsep dan pendidikan serta unsur-unsur pendidikan; landasan-landasan pendidikan di Indonesia (filosofis, psikologis, hukum dan sosial-budaya); pengertian fungsi dan jenis lingkungan pendidikan; teori/aliran-aliran pendidikan yang mencakup aliran klasik dan pengaruhnya serta 2 aliran pokok pendidikan di Indonesia; dan sistem pendidikan nasional yang mencakup komponen-komponen pokok sistem pendidikan nasional menurut Undang-undang Sisdiknas dan kajian tentang pendidikan an antisipasi masa depan. Untuk mengevaluasi penguasaan kompetensi, mahasiswa diwajibkan mengikuti tes, mengerjakan tugas-tugas dan mendemonstrasikan kemampuan dalam diskusi serta menampilkan perilaku yang baik.

 

 

 

  1. MPB 13D61C5011, Sosiologi Pendidikan, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang struktur dan proses-proses social yang terjadi dalam pranata pendidikan serta kaitannya dengan pranata lainnya. pendidikan ini tidak hanya pendidikan formal, tetapi juga pendidikan informal dan non formal. Materi yang dibahas dalam mata kuliah ini adalah pengertian konsep sosiologi pendidikan, konsep pendidikan dan klasifikasi pendidikan, menjelaskan sekolah sosialisasi anak, kelas dan sekolah sebagai sistem social, pendidikan dan ekonomi pendidikan, pekerjaan pendidikan dan perubahan social, pendidikan dan profesionalisme serta pendidikan dengan aspek politik. Untuk mengevaluasi penguasaan kompetensi, mahasiswa diwajibkan mengikuti tes, mengerjakan tugas-tugas dan mendemonstrasikan kemampuan dalam diskusi serta menampilkan perilaku yang baik.

 

  1. MKK 13D61C5012, Media Pembelajaran, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar komputer dan aplikasinya, serta peranan, perancangan, dan pemanfaatan beberapa jenis media dalam pembelajaran yang terdiri atas media cetak, media OHP, media display, media audio-video, media berbasis komputer, dan lingkungan sebagai pusat sumber belajar.

 

  1. MKB 13D61C504, Prespektif Global, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mempersiapkan diri bersikap peka, dan adaptif, kritis dan kreatif terhadap lingkungan sekitar guna memelihara dan memanfaatkan sumber daya alam serta mengembangkan kehidupan yang damai dan harmonis dalam kebinekaan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa berlatih berperan sebagai individu warga masyarakat yang kritis dan kreatif melalui berbagai simulasi dan pelibatan sosial dalam menangani masalah- masalah sosial dalam kehidupan. Selain tersebut di atas mahasiswa harus mengkaji fenomena interaksi perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, kehidupan beragama, serta perkembangan masyarakat di era globalisasi. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang konsep dan prinsip mengenai kebudayaan, ruang dan waktu, kontivitas dan perubahan, interaksi sosial serta kelangkaan, produksi, distribusi, dan konsumsi barang dan jasa dalam konteks kebinekaan masyarakat Indonesia dan dinamika kehidupan global. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa, dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis melalui ujian akhir semester (UAS).

 

  1. MKB 13D61C505, Seni Tari, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan dalam pembelajaran Seni Tari di SD. Mempunyai kemampuan pengetahuan, keterampilan, apresiasi dan kreativitas seni, serta dapat merancang pembelajaran seni secara terpadu di SD bagi dirinya dan menerapkannya dalam pembelajaran di lapangan. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan tentang materi yang  terkait dengan pembelajaran seni baik menyangkut strategi, metode maupun model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran seni di SD. Substansi kajian juga tidak terlepas dari materi yang mempersiapkan peserta didik sebagai calon pendidik yang professional dan berkarakter melalui pembelajaran seni dan dapat menjadi motivator pengembangan kreatifitas anak di SD setelah peserta didik menjadi tenaga pengajar pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa, dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis melalui ujian akhir semester (UAS) berupa tes keterampilan.

 

  1. MKB 13D61C506, Pendidikan Matematika III, 2 sks

Memberikan pemantapan tentang materi pemecahan masalah, peluang, dan pengolahan data untuk sekolah dasar dan memberi bekal mahasiswa tentang model pembelajaran serta pemetaan alat peraga peluang dan pengolahan data. Menggunakan penalaran induktif deduktif dalam pembahasan pemecahan masalah, peluang, dan pengolahan data.Untuk mencapai kompetensi pedagogik mahasiswa diwajibkan menyususn berbagai bentuk penilaian termasuk cara mengajarkannya di sekolah dasar.

 

  1. MPB 13D61C507, Pendidikan IPA SD, 3 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk mampu mengkaji materi tentang kemampuan merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proses dan hasil pembelajaran sains dengan menggunakan pendekatan, metode dan alat bantu pembelajaran yang sesuai dengan materi dan indikator yang harus dicapai seperti yang tercantum pada kurikulum dengan memperhatikan perkembangan dan karakteristik siswa. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan Teori Belajar dalam Pembelajaran, Pendekatan dalam Pembelajaran IPA SD, Metode dalam Pembelajaran IPA SD, Keterampilan Proses IPA di SD, Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran IPA, Pembelajaran IPA Terintegrasi, Evaluasi Proses dan Hasil Belajar IPA, Telaah Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan 2006 dan Penjabarannya dalam Rancangan Pembelajaran IPA di Tingkat SD/MI dan Merancang Pembelajaran IPA. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui Tugas Tutorial dan UAS.

 

  1. MPB 13D61C508, Pendidikan Bahasa Indonesia 2, 3 sks

Mata kuliah Pendidikan Bahasa Indonesia 2 disajikan secara teori dan praktik, yang mencakup pemahaman dan penerapan strategi pembelajaran bahasa Indonesia di kelas tinggi Sekolah Dasar. Membimbing  mahasiswa untuk menguasai substansi metodologi dan materi ajar di kelas tinggi, serta mampu mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar bidang studi bahasa Indonesia  di sekolah dasar secara kreatif dan inovatif. Untuk mencapai kompetensi dalam mata kuliah ini mahasiswa melakukan berbagai aktivitas melalui kegiatan diskusi, penugasan, pengamatan, dan portopolio. Untuk mengevaluasi kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan berbagai penilaian di antaranya: tes tertulis, penilaian proses, hasil, portopolio, unjuk kerja dan simulasi.

 

  1. MPB 13D61C509, Magang 2, 1 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi Mahasiswa S1 PGSD untuk memperoleh pengalaman dalam mengenal karakteristik siswa SD secara langsung, mendiagnosa kesulitan belajar siswa SD, melakukan studi kasus terbatas dalam mengamati, mempelajari serta menyusun solusi yang tepat. Kegiatan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan ini melalui observasi langsung  di sekolah, menyusun laporan observasi dan melakukan seminar/ Fokus Group Diskusi terkait dengan temuan yang diperoleh di sekolah. Evaluasi dilakukan dengan cara mengamati mahasiswa melakukan observasi serta menilai laporan yang telah di susun.

  1. MPB 13D61C510, Karya Tulis Ilmiah, 2 sks

Mata kuliah ini terdiri dari teori dan praktik penulisan karya tulis ilmiah yang dimulai dari konsep dasar KTI, jenis dan ciri KTI, identifikasi masalah dan topik dalam KTI, anatomi atau bagian-bagian KTI, langkah-langkah penyusunan KTI, penggunaan bahasa dalam KTI, pengembangan paragraf dan pendahuluan, kajian pustaka dan teknik penulisan KTI, aneka kesalahan dalam penulisan KTI, analisi KTI dan teknik presentase KTI.

 

  1. MPB 13D61C503, Statistik, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang pengetahuan dasar statistik, penyajian data dalam bentuk tabel dan diagram, ukuran pemusatan, ukuran lokasi dan dispersi, memberikan gagasan dasar statistik yang banyak digunakan dalam praktik dan penelitian di bidang pendidikan matematika serta kehidupan sehari-hari. Setelah mempelajari mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menerapkan konsep-konsep statistik dalam penelitian di bidang pendidikan matematika maupun dalam kehidupan sehari-hari.

 

  1. MKB 13D61C601, Metodologi Penelitian Pendidikan, 3 sks

Mata kuliah ini membahas tentang berbagai landasan dan prosedur penyusunan proposal; desain penelitian, berbagai cara penarikan sampel, dan pengembangan instrumen penelitian; pentingnya kaitan antara masalah penelitian, tujuan penelitian, hipotesis, dan analisis data; proses dan berbagai aspek pengumpulan data; dan kaidah serta strategi penulisan laporan penelitian dan berbagai cara untuk meningkatkan kualitas penelitian beserta manfaatnya, baik bagi pengembangan ilmu pengetahuan maupun pengambilan keputusan.

 

  1. MKB 13D61C602, Keterampilan Dasar Mengajar, 2 sks

Mata kuliah ini diharapkan mahasiswa mampu menguasai  dan mengimplementasikan/ mensimulasikan delapan keterampilan dalam pembelajaran : (1) keterampilan membuka dan menutup, (2) keterampilan bertanya,  (3) keterampilan memberi penguatan, (4) Keterampilan Menjelaskan, (5) Keterampilan mengadakan  Variasi, (6) Keterampilan mengelola Kelas, (7) Keterampilan memimpin didkusi  kelompok kecil, dan (8) Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan. Untuk mengevaluasi kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan berbagai penilaian di antaranya: tes tertulis, penilaian proses, hasil, portopolio, unjuk kerja dan simulasi.

 

  1. MPB 13D61C603, Evaluasi Pembelajaran, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan melaksanakan penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran sesuai dengan tujuan, berlatih mengerjakan soal latihan formatif, melakukan diskusi, tanya jawab dan mempraktekkan evaluasi pembelajaran di kelas. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan menjelaskan berbagai aspek evaluasi pembelajaran yang mencakup: konsep dasar tes dan nontes, pengukuran, asesmen, dan penilaian; jenis dan fungsi penilaian dalam pembelajaran; pengembangan alat ukur tes dan nontes; pengolahan dan interpretasi data hasil pengukuran; kualitas alat ukur; dan pemberian nilai serta tindak lanjut hasil penilaian. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan dan tes tertulis (objektif).

 

  1. MPB 13D61C604, Pembelajaran Terpadu di SD, 2 sks

Mata kuliah pembelajaran terpadu diharapkan mahasiswa memahami konsep – konsep dasar dan landasan pembelajaran terpadu, model-model dalam pembelajaran terpadu,    model pembelajaran terpadu di pendidikan dasar (Sekolah Dasar), pengembangan rancangan pembelajaran terpadu di sekolah dasar, strategi  pembelajaran terpadu,   penilaian dalam pembelajaan terpadu. Untuk mengevaluasi kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan berbagai penilaian di antaranya: tes tertulis, penilaian proses, hasil, portopolio, dan unjuk kerja.

 

  1. MPB 13D61C605, Magang 3, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi Mahasiswa S1 PGSD untuk memperoleh pengalaman tentang proses belajar mengajar di kelas melalui pengamatan langsung serta melakukan analisis tentang perangkat pembelajaran yang digunakan guru, Menelaah model, pendekatan, strategi dan metode pembelajaran, Media/sumber belajar, Bahan ajar Menelaah sistem evaluasi serta perangkat evaluasinya. Kegiatan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan ini melalui observasi langsung di sekolah, menyusun laporan observasi dan melakukan seminar/Fokus Group Diskusi terkait dengan temuan yang diperoleh di sekolah. Evaluasi dilakukan dengan cara mengamati mahasiswa melakukan observasi serta menilai laporan yang telah di susun.

 

  1. MPB 13D61C606, ESP for Primary Teacher, 3 sks

Mata kuliah ini mengkaji tentang Strategi membaca pemahaman (reading comprehension strategies), teknik dasar penerjemahan (translation techniques), dan istilah-istilah bahasa Inggris yang digunakan dalam proses pembelajaran (Classroom English instruction). Melalui beberapa materi tersebut, mahasiswa S1 PGSD diharapkan dapat memahami dan menggunakan litaratur/referensi berbahasa Inggris.

 

  1. MBB 13D61C607, Manajemen Berbasis Sekolah, 2 sks

Mata kuliah ini membekali pemahaman mahasiswa yang terfokus pada konsep manajemen mutu dan produktivitas SD yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan dalam rangka terwujudnya sekolah yang berkemampuan unggul dengan pendekatan model manajemen berbasis sekolah

 

  1. MPB 13D61C901, Pembelajaran Kelas Rangkap, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengaplikasikan pembelajaran kelas rangkap di sekolah masing-masing. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji pembelajaran kelas rangkap, berlatih mengerjakan soal latihan formatif, melakukan diskusi, tanya jawab dan mempraktekkan PKR di sekolah. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan menjelaskan hakikat Pembelajaran Kelas Rangkap; menjelaskan beberapa contoh penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap; menjelaskan beberapa keterampilan dasar mengajar serta strategi yang sesuai untuk Pembelajaran Kelas Rangkap; menyusun Rancangan Pembelajaran Kelas Rangkap; serta dapat mempraktikkan Pembelajaran Kelas Rangkap dalam situasi nyata. Penguasaan mahasiswa terhadap mata kuliah ini dinilai melalui penugasan dan tes tertulis (objektif).

 

  1. MKK 13D61C902, Pengembangan Multimedia Pembelajaran di SD, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang media pembelajaran berbasis multimedia dan ICT serta aplikasi dalam pembelajaran di SD dan memanfaatkan berbagai jenis software multimedia pembelajaran (video, Audio, Macromedia Flash, dan lain-lain). Evaluasi yang dilakukan melalui praktikum dengan penilaian proses dan produk.

 

  1. MKB 13D61C904, Pendidikan IPA Lanjutan, 2 sks

Mata Kuliah ini membahas tentang: Konsepsi dan miskonsepsi IPA;  metode ilmiah;  Pembelajaran Pakem ; mengelola pembelajaran secara efektif; Analisis  kurikulum SD yang berlaku;  melayani perbedaan individu dalam kelompok;  pertanyaan tingkat tinggi  dan LK,; penilaian autentik,  , Literasi lintas kurikulum IPA, Keterampilan informasi, dan pengenalan alat laboratorium IPA dan penggunaan kit IPA SD.

  1. MKB 13D61C905, Pendidikan IPS Lanjutan, 2 sks

Mata Kuliah Pendidikan Lanjutan, merupakan mata kuliah yang memfasilitasi mahasiswa S1 PGSD agar memiliki kemampuan menguasai dan mengenal konsep ilmu-ilmu sosial, karakteristik perkembangan peserta didik di SD baik perkembangan fisik, psikologis maupun sosial, memiliki kemampuan untuk menguasai dan mengembangkan materi pembelajaran bidang studi IPS utama di Sekolah Dasar dengan kajian tentang karakteristik peserta didik di SD, konten pendidikan IPS, analisis kurikulum SD/MI, penataan materi ajar sesuai dengan kurikulum IPS SD/MI dan kebutuhan pembelajaran peserta didik, strategi pembelajan, dan perencanaan pembelajaran serta teknik analisis dan interpretasi hasil tes.

 

  1. MKB 13D61C906, Matematika Sekolah Lanjutan, 2 sks

Mata kuliah matematika sekolah lanjutan ini memberikan pemantapan tentang materi Karakteristik Matematika, Teori Bilangan dan Bilangan Lanjutan, Aljabar, Eksponensial, Logaritma, Fungsi Komposisi dan Invers, Barisan dan Deret, Trigonometri, dan Kalkulus Dasar.Untuk mencapai kompetensi pedagogik mahasiswa diharuskan dapat memberikan contoh-contoh dalam kehidupan sehari-hari yang relevan dengan materi tersebut. Untuk mengevaluasi kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan berbagai penilaian di antaranya: tes tertulis, penilaian proses, hasil, dan unjuk kerja.

 

  1. MKB 13D61C908, Pendidikan Bhs. Indonesia Lanjutan, 2 sks

Mata kuliah ini memfasilitasi, mahasiswa S1 PGSD untuk menguasai kemampuan mengkaji materi dan menentukan strategi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang ditekankan pada kesesuaian dan keperluan saat ini, serta diharapkan dapat memenuhi tantangan dan keadaan yang dinamis di masa mendatang. Untuk mencapai kemampuan tersebut, mahasiswa akan mengkaji materi dan pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Mata kuliah ini berisi pokok bahasan hakikat bahasa dan pembelajaran bahasa, teori pemerolehan bahasa, hakikat pendekatan pembelajaran bahasa, hakikat membaca-menulis permulaan, telaah kurikulum mata pelajaran bahasa Indonesia SD, telaah buku teks mata pelajaran Bahasa Indonesia SD, dan pengelolaan pembelajaran bahasa Indonesia di SD. Untuk mengukur kompetensi yang diperoleh mahasiswa dilakukan evaluasi melalui penugasan dan tes tertulis secara objektif.

 

  1. MPB 13D61C701, Magang 4, 2 sks

Mata kuliah ini menyiapkan kemampuan awal mahasiswa S1 PGSD terkait proses pembelajaran dengan memberikan pengalaman langsung dalam hal mengajar dalam waktu yang terbatas dengan menjadi “asisten guru”, seperti: a) mencoba mengajar dengan bimbingan melekat guru dan dosen pembimbing, dengan tujuan merasakan langsung proses pembelajaran, pemantapan jati diri pendidik, bukan untuk keterampilan pembelajaran, bukan PPL; b)Melaksanakan tugas-tugas pendampingan peserta didik dan kegiatan ekstra kurikuler. Kegiatan mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan ini melalui observasi, praktek di sekolah, menyusun laporan observasi dan praktek, melakukan seminar/ Fokus Group Diskusi terkait dengan temuan yang diperoleh di sekolah. Evaluasi dilakukan dengan cara mengamati mahasiswa melakukan observasi serta menilai laporan yang telah di susun.

 

  1. MKK 13D61C907, Demokrasi dan HAM, 2 sks

Mata kuliah ini berisi pokok bahasan yang berkaitan dengan konsep demokrasi dan HAM Indonesia, serta pembinaan generasi muda. Melalui mata kuliah ini diharapkan pembaca, khususnya mahasiswa PGSD mempunyai kemampuan untuk menjelaskan konsep dan pelaksanaan HAM serta pembinaan generasi muda.

 

  1. MKK 13D61C909, Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, 2 sks

Mata kuliah ini di maksudkan membekali mahasiswa calon  guru SD dengan kemampuan  untuk mengetahui penyebab,mengidentifikasi  dan menguasai strategi-strategi pendidikan bagi anak berkebutuan khusus. Untuk mencapai hal tersebut, maka mata kuliah ini mengkaji  Definisi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus, Gangguan Penglihatan/Tunanetra, Tunarungu, gangguan fisik,retardasi mental, bicara dan artikulasi, gangguan belajar (learning disorder, ADHD (attention deficit hyperactivy disorder), perilaku dan emosional, gifted.

 

  1. MPB 13D61C910, Pengelolaan Perpustakaan di SD, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang pengantar umum perpustakaan, sejarah perpustakaan, perpustakaan sekolah, administrasi, dan organisasi perpustakaan, koleksi perpustakaan, klasifikasi katalogisasi, pelayanan perpustakaan, pengelolaan dan perawatan bahan perpustakaan. Mata kuliah ini dilakukan dengan cara tatap muka, diskusi dan melakukan observasi atau kunjungan di berbagai perpustakaan seperti ke perpustakaan daerah, perpustakaan provinsi. Evaluasi dilakukan dengan cara penilaian protofolio hasil observasi serta menilai laporan yang telah di susun dan tes tertulis.

 

  1. MPB 13D61C911, Kurikulum ISSU, 2 sks

Mata kuliah ini memberikan pandangan yang luas mengenai masalah kurikulum yang berkenan dengan konsep, teori, landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum. Macam-macam model konsep dan model pengembangan kurikulum, implementasi, manajemen, inovasi, dan evaluasi kurikulum serta masalah-masalah pendidikan dan pengembangan kurikulum di tingkat Sekolah Dasar. Bahan kuliah bersifat terbuka dan sesuai dengan perkembangan ilmu dan pengembangan kurikulum. Evaluasi dilakukan dengan cara penilaian protofolio, analisis kurikulum.

 

  1. MPB 13D61C913, Kapita Selekta Pendidikan, 2 sks

Mata kuliah ini membahas tentang dinamika pendidikan sebagai pelaksanaan pendidikan nasional sehingga kajian dalam mata kuliah ini tentang isu-isu strategis yang berkaitan dengan pendidikan di Indonesia dalam persepktif nasional baik pada tatanan makro secara nasional maupun regional, dan pada tatanan mikro pada tingkat satuan pendidikan. Selain itu, melalui mata kuliah ini mahasiswa secara kritis mengkaji, mengungkap, mengdeskripsikan, dan memposisikan isu-isu pendidikan baik dari segi legalisasi, konsep maupun secara praktisi. Untuk mengevaluasi kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan berbagai penilaian di antaranya: tes tertulis, penilaian proses, hasil, dan unjuk kerja.