Menjelang Akhir Tahun, UKS PGSD FIP UNM Sukses Laksanakan Donor Darah

Usaha Kesehatan Sekolah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UNM sukses laksanakan kegiatan Donor Darah pada Selasa, 14 November 2023 di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.  Kegiatan Donor Darah ini merupakan kegiatan yang kedua kalinya dilakukan pada tahun ini yang bekerja sama dengan UKM KSR PMI UNIT UNM.  Kegiatan yang mengusung tema “Mengalirkan Harapan Melalui Donor Darah” dilakukan dengan tujuan sebagai Lembaga yang bergerak di bidang kesehatan, UKS PGSD FIP UNM mampu berkontribusi membantu penyediaan pasokan darah untuk kebutuhan medis. Selain itu, Kegiatan ini juga memberikan berbagai manfaat kesehatan bagi para pendonor (orang yang melakukan donor darah).

Kegiatan Donor Darah yang dilakukan terbuka untuk umum, yang artinya tidak hanya melibatkan Mahasiswa atau Dosen PGSD tapi secara keseluruhan. Baik pada tingkat alumni, pegawai, tenaga kependidikan, mahasiswa jurusan lain dan juga masyarakat luar juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan donor darah ini. Pembina Usaha Kesehatan sekolah Doktor Erma Surayani Sahabuddin, senantiasa memberikan Dorongan kepada pengurus UKS untuk menggiatkan kegiatan ini secara rutin dan berkala selain sebagai bentuk kepedulian kepada sesama juga merupakan pelaksanaan program program baik dan positif Mahasiswa PGSD secara umum dan Mahasiswa yang tergabung dalam organisasi Usaha Kesehatan sekolah.

Kegiatan ini juga bekerja sama dengan Petugas PMI Kota Makassar. Sekitar 61 orang mendaftar sebagai calon pendonor dan hanya 36 orang yang layak enjadi pendonor karena beberapa diantaranya tidak memenuhi persyaratan untuk mendonorkan darahnya setelah melalui pemeriksaan/tes kesehatan yang dilakukan sebelum proses donor darah.

“Kegiatan Donor Darah ini akan kami lakukan secara rutin kedepannya oleh UKS PGSD FIP UNM, jika perlu kegiatannya dilaksanakan setiap semester. Karena kegiatan seperti ini, selain mendapatkan manfaat kesehatan dan juga membantu penyediaan pasokan darah, ini juga dapat menumbuhkan rasa kepedulian dan kemanusiaan bagi para pendonor”, ucap Dwi Putri Anggraeni K. Selaku Ketua Umum UKS PGSD FIP UNM Periode 2022/2023.

Author: Bintang (Sekretaris Umum UKS PGSD FIP UNM)