Tumbuhkan Kreativitas, Mahasiswa PGSD Tampilkan Final Project Pengembangan Kepribadian dan Potensi Diri II

Pengembangan Kepribadian dan Potensi Diri II atau yang biasa disingkat PKPD II merupakan mata kuliah yang wajib diampu oleh mahasiswa PGSD FIP UNM di semester 2. Mata kuliah ini diselenggarakan oleh UKS HMPS PGSD FIP UNM yang dimulai pada hari Minggu, 19 Februari 2023 sampai pada hari Sabtu, 27 Mei 2023.

Ada beberapa macam kegiatan yang dilaksanakan di mata kuliah ini, mulai dari technical meeting persiapan PKPD II, Seminar Kesehatan dengan tema “Tips dan Trik Tanggap Gawat Darurat di Lingkungan Sekitar”, perkuliahan rutin yang dilaksanakan tiap hari sabtu, seminar adiwiyata dengan tema “Ramadhan Mubarak with Zero Waste Life Style”, serta ujian akhir tulis dan praktik.

Di ujian akhir praktik yang dilaksanakan pada hari Sabtu 27 mei 2023 yang lalu memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menampilkan yang terbaik dari apa yang telah mereka pelajari selama kurang lebih 4 bulan. Namun, pelaksanaan final praktik PKPD II pada tahun ini sedikit berbeda dengan pelaksanaan final praktik pada tahun-tahun sebelumnya. Di kegiatan final ini, selain menampilkan drama simulasi bencana, senam cuci tangan, menyajikan makanan dan minuman dengan tema 4 sehat 5 sempurna, dan hidroponik, para mahasiswa juga melakukan kegiatan pameran yang dilakukan setiap kelas. Mahasiswa menampilkan miniatur ruangan UKS, miniatur gigi, flipbook tentang gizi, serta banner imunisasi.Itu semua adalah tugas mahasiswa yang terpilih dengan kategori terbaik untuk ditampilkan saat final praktik PKPD II.

Melalui mata kuliah PKPD II, mahasiswa memiliki pengetahuan di bidang kesehatan. Universitas Negeri Makassar menginginkan mahasiswa lulusan prodi PGSD selain memiliki pengetahuan dan keterampilan yang mumpuni di bidang pendidikan, juga memiliki pengetahuan di bidang kesehatan yang nanti dapat diaplikasikan kepada siswa saat mengajar nanti. Karena kesehatan peserta didik juga berpengaruh terhadap kegiatan belajar siswa selama di sekolah.

Alhamdulillah dalam kegiatan ini didukung dan dihadiri oleh beberapa dosen serta Dr. Suardi S.Pd., M.Pd selaku WD III FIP UNM. Kelancaran dan kesuksesan kegiatan ini juga tidak terlepas dari dukungan dan saran dari ibunda Dr. Erma Suryani Sahabuddin, M.Si selaku pembina UKS HMPS PGSD FIP UNM, beserta para panitia yang turut aktif berpartisipasi dalam mempersiapkan kegiatan tersebut. Semoga kegiatan positif seperti itu bisa terus dikembangkan sebagai wadah bagi mahasiswa untuk belajar menjadi pribadi yang lebih baik.