Kampus V Parepare UNM Adakan Temu Akbar Pramuka Penegak Pandega (TEBAR PRAGADE)

Racana Ki Hajar Dewantara – R.A. Kartini Gugus Depan 04.001-04.002 Pangkalan Kampus V Parepare UNM menyelenggarakan kegiatan Temu Akbar Pramuka Penegak Pandega (TEBAR PRAGADE) Angkatan 4 Tahun 2024 di Audiotorium Kampus V Parepare UNM Prof. Dr. Ir. H. Husain Syam, M. TP., IPU ASEAN Eng.

Kegiatan ini mengusung tema “Satukan Kebersamaan, Eratkan Silaturahmi yang Bermakna di Kota Cinta”, dengan Motto “Satyaku Kudarmakan, Darmaku Kubaktikan” serta Slogannya “Bertemu Sementara, Bermakna Selamanya” berlangsung selama empat hari mulai tanggal 15-18 Januari 2024 dan diikuti oleh 60 peserta. Racana Ki Hajar Dewantara – Raden Ajeng Kartini GUDEP 04.001-04.002 Pangkalan Kampus V Parepare UNM juga menjadi peserta dan sekaligus menjadi panitia dalam kegiatan ini.

Kegiatan Temu Akbar Pramuka Penegak Pandega (TEBAR PRAGADE) Angkatan 4 Tahun 2024 yang akan dilaksanakan oleh Dewan Racana Ki Hajar Dewantara – Raden Ajeng Kartini GUDEP 04.001-04.002 Pangkalan Kampus V Parepare UNM dan diikuti oleh Dewan Racana yang berpangkalan di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar diharapkan mampu menjadi langkah dalam menjalin dan mempererat kembali rasa persaudaraan antar anggota pramuka. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan menjadi salah satu cara mewujudkan bulir-bulir darma pramuka yang senantiasa dijunjung tinggi oleh seorang pramuka.

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Kampus V Parepare UNM bapak Dr. H. Lukman, S.S., M.Ag. dan dihadiri oleh kedua pembina harian putra dan putri dari Racana Ki Hajar Dewanara – R. A. Kartini yaitu Bapak Dr. H. Kamaruddin, S.Ag., M.Pd. dan Ibu Dra. St. Maryam M, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan TEBAR ini sebelumnya pernah vakum dan kembali terlaksana pada tahun 2024 karena adanya beberapa kendala salah satunya yaitu adanya Covid-19. Kegiatan ini mulai dilaksanakan pada tahun 2017 di Parepare dan sebagai angkatan pertama, 2018 di Bone (angkatan kedua), 2019 di Makassar (angkatan ketiga), dan pada tahun 2024 (angkatan keempat). Racana Ki Hajar Dewantara – R. A. Kartini berharap kegiatan ini akan terlaksana secara terus menerus agar silaturahmi ketiga racana yang ada di Fakultas Imu Pendidikan tidak terputus dan saling mengenal satu sama lain. Adapun kegiatan – kegiatan yang kami lakukan selama empat hari yaitu pasang tenda, melakukan perkenalan antar racana, mendapatkan materi lapangan dari Pemadam Kebakaran, melakukan Forum Pragade, senam pagi, melakukan bakti masyarakat di Pantai Lumpue, Kunjungan wisata di beberapa tempat yang ada di Kota Parepare (Kebun Raya Jompie, Tugu Cikal, Masjid Raya, Monumen Cinta Habibi, Tonrangeng River Side, dan Masjid Terapung), pentas seni dari setiap racana dan melakukan games.